Selamatkan Mentok Rimba


Populasi mentok rimba Cairina scutulata di Indonesia tak lebih dari 200 ekor sampai medio 1990-an. Populasi terbesar berada di Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung yang mencapai separuh populasi yang tersebar di Pulau Sumatera itu.


Sayang dikala ini populasinya terus menurun seiring gangguan habitat menyerupai kebakaran hutan dan kegiatan perburuan. Data terakhir pada 2001 menyebutkan populasi mentok rimba di TNWK terpantau sekitar 75 ekor.


Penelitian tim ekspedisi (ECS-4) Himpunan Mahasiswa Biologi Universitas Padjadjaran, Bandung, pada 1991 mengenai sikap mentok rimba, memperlihatkan anak mentok rimba yang terlihat selalu disertai oleh satu individu sampaumur yang diperkirakan betina. Mereka biasanya mencari pakan di pinggir sungai dangkal dan ditumbuhi rerumputan di tengah rawa dan kolam.


Pohon menyerupai rengas Gluta renghas dan rebahan kayu di tengah kolam atau sungai dipakai sebagai daerah istirahat dan tidak ditemukan bukti pohon rengas untuk bersarang. Mereka aktif mencari makan pada malam hari hanya pada dikala bulan purnama. Diperkirakan faktor cahaya berperan penting dalam kegiatan mencari pakan mentok rimba.


Belum ada Komentar untuk "Selamatkan Mentok Rimba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel