Bawang Berlian (Bawang Dayak): Khasiat Dan Manfaat

Bawang berlian atau bawang dayak Eleutherine palmifolia yaitu salah satu jenis tumbuhan yang mempunyai kegunaan bagi kesehatan. Penduduk lokal di Kalimantan sudah memakai tumbuhan ini sebagai obat tradisional.


Bagian yang sanggup dimanfaatkan pada tumbuhan ini yaitu umbinya. Khasiat dari tumbuhan bawang dayak antara lain antikanker payudara, mencegah penyakit jantung, immunostimulan, antinflamasi, antitumor serta anti bleeding agent.


Bawang berlian alias bawang dayak mengandung senyawa naphtoquinonens dan turunannya menyerupai elecanacine, eleutherine, eleutherol, eleuthernone.


Naphtoquinones dikenal sebagai antimikroba, antifungal, antivirial dan antiparasitik. Selain itu, naphtoquinones mempunyai bioaktivitas sebagai antikanker dan antioksidan yang biasanya terdapat di dalam sel vakuola dalam bentuk glikosida.


 yaitu salah satu jenis tumbuhan yang mempunyai kegunaan bagi kesehatan Bawang Berlian (Bawang Dayak): Khasiat Dan ManfaatKomponen antioksidan mempunyai peranan penting bagi derma kesehatan tubuh. Para hebat beropini bahwa antioksidan bisa mereduksi risiko penyakit kronis menyerupai kanker dan penyakit jantung.


Penggunaan antioksidan alami ketika ini dianggap lebih kondusif alasannya yaitu antioksidan alami diperoleh dari ekstrak tanaman. Antioksidan alami yang terdapat pada tumbuhan antara lain kelompok flavonoid berupa senyawa polifenol. Bawang berlian alias bawang dayak mempunyai kelompok flavonoid.


Belum ada Komentar untuk "Bawang Berlian (Bawang Dayak): Khasiat Dan Manfaat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel