Khasiat Luarbiasa Albumin Ikan Gabus

Ikan gabus merupakan sumber albumin penting bagi kesehatan Khasiat Luarbiasa Albumin Ikan Gabus


Ikan gabus merupakan sumber albumin penting bagi kesehatan. Sejatinya albumin merupakan hasil sintesis protein hati.


Menurut Prof Dr dr Nurpudji M. Daud MPH SpGK, andal gizi klinis dari Fakultas Kedokteran Universitas Hasanudin di Makassar, Sulawesi Selatan, hampir penyakit berat dan akut menyerupai kanker, gagal ginjal, diabetes, tuberkolusis, dan jantung ditandai dengan menurunnya kadar albumin di badan atau hipoalbumin.


Hipoalbumin atau kekurangan albumin di badan tersebut menjadikan tekanan osmotik darah menurun sehingga cairan di darah keluar lantas menerobos masuk ke jaringan-jaringan organ badan lain. Cairan tersebut yang menjadikan pembengkakan atau oedema. Selama ini untuk mengatasi kekurangan albumin tersebut dilakukan dengan menunjukkan infus albumin, tapi harganya cukup mahal alasannya yaitu infus albumin tersebut diproduksi dari plasma darah manusia.


Solusi murah memperoleh albumin dari luar yaitu mengonsumsi ikan gabus. Berdasarkan hasil riset Prof Dr Eddy MS dari Fakultas Perikanan Universitas Brawijaya di Malang, Jawa Timur, ikan gabus mengandung 25,2 gram/100 gram protein dengan kadar albumin mencapai 62,24 gram/kg dan unsur seng (Zn) sebesar 17,41 mg/kg.


Kandungan unsur seng tersebut dari beberapa literatur sanggup mendorong penyembuhan luka lebih cepat. Apalagi unsur seng biasanya sangat cepat diserap oleh tubuh. Kandungan protein ikan gabus itu lebih banyak ketimbang albumin di daging, kacang-kacangan, dan telur.


Konsumsi ikan gabus sebanyak 2 kg/hari sanggup meningkatkan kadar albumin mencapai standar ideal 3,5-5 gram/dl dalam waktu 8 hari. Pilihan lain yaitu dengan menciptakan jus daging ikan gabus yang sebelumnya dikukus terlebih dahulu. Dosis konsumsi sama 2 kg/hari. Namun jikalau kesulitan memperoleh ikan gabus segar, sekarang banyak beredar albumin ikan gabus dalam bentuk ekstrak kapsul, jel, dan cair.


Lantas bagaimana manfaatnya? Asalkan pengolahan albumin ekstrak gabus tersebut sesuai dengan aturan, albumin tetap terjaga baik. Sebagai rujukan materi ekstrak dihentikan dipanaskan lebih dari suhu 40 derajat Celcius biar albumin tidak menjadi rusak.


Belum ada Komentar untuk "Khasiat Luarbiasa Albumin Ikan Gabus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel