Buat Daun Bonsai Jadi Kecil

Salah satu hal penting supaya penampilan bonsai proporsional yaitu mempunyai daun kecil. Lantas bagaimana menciptakan daun bonsai menjadi kecil?


Langkah umum yaitu menentukan bonsai yang bertipe daun kecil menyerupai jenis cemara atau pinus. Nah, walaupun sudah bertipe kecil seringkali kita memerlukan ukuran daunnya menjadi lebih kecil lagi semoga tampak harmonis dengan batang dan cabang pohon. Solusinya dengan melaksanakan pemangkasan.


Pemangkasan bukan menggunting daun, melainkan memangkas cabang dan ranting supaya daun menjadi berukuran lebih kecil. Prinsipnya dengan pemakasan cabang dan ranting akan menumbuhkan cabang dan ranting lebih banyak dengan ukuran daun lebih kecil lantaran terjadi kompetisi makanan.


1.Pemangkasan pada cabang dan ranting dihentikan hingga habis. Pemangkasan hanya hingga panjang cabang dan ranting yang menyisakan 3-4 helai daun. Bila habis, cabang atau ranting akan ikut mati dan tidak menumbuhkan cabang dan ranting baru.


2. Pemangkasan hanya boleh dilakukan pada cabang dan ranting tua, yang warnanya tidak hijau lagi dengan ukuran daun sudah besar.


3. Khusus pada bonsai dengan daun jarum menyerupai pinus, pemangkasan sanggup dilakukan 2 kali setahun. Sedangkan untuk jenis bonsai berdaun agak besar menyerupai beringin dan siantho atau dewondaru, pemangkasan dilakukan sewaktu-waktu sambil melihat kondisi cabang dan ranting sudah tua.


4. Penyiraman kuat terhadap pengecilan daun. Oleh alasannya yaitu itu penyiraman dilakukan sesedikit mungkin semoga penguapan lebih sedikit dan memaksa daun menyesuaikan diri dengan kondisi tersebut. Adaptasi itu menciptakan ukuran daun menjadi kecil.


5. Gunakan pula media pasir berukuran 3 mm sehingga air tidak terjerap di dalamnya, tetapi tetap sanggup merata mengenai akar tanaman.


6. Letakkan bonsai ditempat yang terkena matahari langsung. Bila ditaruh ditempat teduh mengakibatkan daun akan tumbuh ke ukuran semula, tidak mengecil sebagai respon untuk mengurangi penguapan.


Belum ada Komentar untuk "Buat Daun Bonsai Jadi Kecil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel