Pupuk Tanaman Semusim Dan Tahunan

Fase generatif pada tumbuhan merupakan masa pembentukan bunga dan buah yang memerlukan pupu Pupuk Tanaman Semusim Dan TahunanFase generatif pada tumbuhan merupakan masa pembentukan bunga dan buah yang memerlukan pupuk agar diperoleh panen memuaskan. Pupuk yang diharapkan pada dikala itu ialah pupuk mengandung unsur nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K). Unsur nitrogen, contohnya berperan menjaga kesehatan tumbuhan sesudah berbuah, sehingga mendorong munculnya tunas-tunas baru.


Sejatinya fase generatif memerlukan banyak unsur fosfor dan kalium. Fosfor berkhasiat merangsang pembentukan bunga, sedangkan unsur kalium bermanfaat untuk mencegah kerontokan bunga sehingga sanggup menjadi buah. Unsur kalium juga mendorong buah menjadi manis.


Pada tumbuhan umur semusim menyerupai cabai, jagung, tomat, dan melon, fase generatif berlangsung pendek. Berbeda dengan tumbuhan tahunan menyerupai jeruk, belimbing, serta apel yang memiliki fase generatif panjang. Sebab fase generatif itu berbeda, maka jenis pupuk yang diberi pun berlainan.


Pada tumbuhan semusim, pemupukan bertujuan menambah unsur hara yang dibutuhkan tumbuhan untuk menunjang pembungaan dan pembuahan. Unsur penting ialah fosfor dan kalium yang perlu segera diberikan sebagai pupuk daun.


Pemupukan melalui akar sanggup dilakukan, tapi tumbuhan akan usang menyerap. Pilihlah pupuk dengan komposisi fosfor dan kalium tinggi dibandingkan unsur nitrogen, menyerupai NPK 9:45:21; NPK 6:20:30; atau NPK 8:22:33. Penyemprotan pupuk dilakukan menjelang tumbuhan berbunga sampai berbuah besar. Dosis pemupukan sesuai petunjuk pada kemasan setiap 10-12 hari sekali.


Pada tumbuhan tahunan, pemupukan perlu dilakukan berulang-ulang meski buah sudah dipetik alasannya ialah tumbuhan tetap tumbuh. Berilah pupuk dasar setahun 2 kali pada awal dan simpulan animo hujan. Jenis pupuk dasar yang diberikan sanggup berupa pupuk beragam menyerupai NPK atau tunggal menyerupai Urea, TSP, dan KCl.


Pemupukan dasar bertujuan menghasilkan tumbuhan dengan percabangan kuat. Saat pembungaan mulai muncul, lakukan pemupukan persis menyerupai tumbuhan semusim sehingga diperoleh buah besar dan manis.


Belum ada Komentar untuk "Pupuk Tanaman Semusim Dan Tahunan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel