Jamur Kombucha Sembuhkan Rematik

 kerap didera rasa nyeri pada telapak kaki dan persendian di lutut kiri Jamur Kombucha Sembuhkan RematikWisanti di Bintaro, Tangerang, Provinsi Banten, kerap didera rasa nyeri pada telapak kaki dan persendian di lutut kiri. Tubuhnya pun lemas berkepanjangan disertai nyeri otot. Semula ibu 2 anak itu abai pada gejala-gejala tersebut selama 3 bulan. Pada Januari 2013 rasa sakit itu tak tertahan lagi sehingga Wisanti mendatangi Rumahsakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) di Jakarta.


Pascapemeriksaan, dokter memvonis Wisanti menderita penyakit rematik. Menurut dokter menyerupai dituturkan Wisanti, penyakit rematik sanggup dipicu alasannya penimbunan asam urat, jerawat bakteri, cendawan maupun virus, dan kelainan sistem kekebalan tubuh. “Pada aku diduga alasannya kelainan sistem kekebalan tubuh,” ujar wanita 45 tahun itu yang selanjutnya mengonsumsi obat kimia. Kondisinya memang berangsur-angsur membaik, tapi rasa lemas, lelah, dan nyeri sendi belum sepenuhnya hilang.


Atas saran kerabat, Wisanti diminta mengonsumsi jamur kombucha. Kerabatnya pula yang membawa setoples jamur kombucha untuk Wisanti yang mengonsumsi 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas itu. Pada hari ke-10 konsumsi, semua keluhan penyakit rematik mulai sirna. “Rasa lemas dan sakit pada sendi kaki benar-benar hilang,” ujarnya. Wisanti tetap rutin mengonsumsi jamur kombucha dengan mengurangi takaran konsumsi 1/2 gelas per hari.


Jamur kombucha atau dikenal sebagai jamur dipo merupakan koloni organisme ragi dan bakteri, berbentuk lembaran gelatin berwarna putih setebal 0,5-1,5 cm. Jamur dipo bermakna benteng itu tumbuh pada larutan teh manis.


Kombucha yang diambil dari nama tabib di Jepang yang pertamakali memakainya untuk menyembuhkan Inkyo, Kaisar Jepang yang menderita sembelit, gampang dibuat. Caranya, didihkan 1 liter air lantas diberi 4 kantong teh celup. Setelah didiamkan 15 menit, berikan 4-5 sendok gula lantas diaduk. Setelah larutan teh dingin, masukkan ke stoples beling sekaligus dengan bibit jamur kombucha. Stoples ditutup kain higienis dan diikat karet gelang. Jamur dipo disimpan pada suhu ruang 22-30 derajat Celcius selama 7-10 hari. Setelah itu jamur kombucha siap diminum.


Keampuhan jamur kombucha mengatasi penyakit rematik alasannya ia banyak mengandung vitamin B1. Vitamin B1 atau thiamin tersebut memperbaiki metabolisme karbohidrat serta mencegah penumpukan cairan pada jaringan kaki serta sendi. Selain itu, asupan jamur kombucha juga meningkatkan kadar asam kondroitin sulfat, bab dari tulang rawan pelapis permukaan sendi yang bertugas menjaga kesehatan dan keutuhan persendian.


Jamur kombucha juga mengandung asam hyaluronidase. Asam yang juga terdapat pada sendi tersebut merupakan pelumas sehingga fungsi sendi tetap terjaga baik. Setelah konsumsi jamur kombucha, jumlah asam itu meningkat, sehingga persendian yang aus sanggup kembali lentur. Sintesis asam itu biasanya akan diinjeksikan oleh dokter ke badan pasien penyakit rematik biar nyeri dan pegal lenyap.


Belum ada Komentar untuk "Jamur Kombucha Sembuhkan Rematik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel