Tongkol Jagung Jadi Biobriket

 Tongkol jagung sanggup menjadi materi baku biobriket Tongkol Jagung Makara Biobriket


Jangan buang tongkol jagung. Tongkol jagung sanggup menjadi materi baku biobriket. Cara menciptakan biobriket tongkol jagung mudah. Pertama, masukkan tongkol ke dalam kompor pembakaran, lantas bakar dengan udara terbatas. Proses pirolisis tersebut menghasilkan arang.


Arang dari tongkol jagung itu selanjutnya ditumbuk halus dan diayak. Hasil ayakan lantas dicampurkan perekat. Perekat yang digunakan yakni tepung tapioka atau tepung kanji. Caranya, 1 kg tapioka dicampurkan dengan 10 liter air hangat, aduk rata dan adonan itu siap digunakan lem perekat.


Lem lalu dicampur dengan arang. Dua bab lem dicampurkan 10 bab arang. Campuran lem tepung kanji dan arang tongkol lantas diaduk rata dan dicetak menggunakan pipa PVC sepanjang 10 cm dan berdiameter 2,5-3 cm.


Agar padat, pres adonan sampai menyisakan 5 cm. Hasil pemadatan itu biar biobriket memiliki nilai kalori tinggi. Hasil cetakan selanjutnya dijemur sampai kering di bawah terik matahari selama 2 hari. Pengeringan sanggup menggunakan panggangan selama 2 jam. Agar hemat, sumber panas panggangan sanggup memanfaatkan panas pembakaran sampah.


Belum ada Komentar untuk "Tongkol Jagung Jadi Biobriket"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel