Ajir Baru Tahan 10 Tahun

Pekebun selama ini menciptakan ajir sebagai daerah rambatan dan penahan flora semoga tegak dar Ajir Baru Tahan 10 TahunPekebun selama ini menciptakan ajir sebagai daerah rambatan dan penahan flora semoga tegak dari bilah bambu. Umumnya masa pakai ajir bambu itu singkat hanya satu kali musim tanam.Harap mafhum bambu gampang lapuk karena terkena air dan paparan panas matahari.


Berapa jumlah ajir yang diharapkan ketika menanam? Salah satu komoditas yang selalu menggunakan ajir ialah cabai. Andai 1 hektar lahan cabe dengan populasi 16.000 flora seluruhnya menggunakan ajir bambu setinggi 1 meter, dan setiap ruas bambu sanggup dibentuk 8 bilah ajir, untuk populasi sebanyak itu diharapkan setidaknya lebih dari 200 batang bambu (asumsi panjang setiap bambu 10 meter). Saat ini sebatang bambu harganya mencapai Rp8.000-Rp10.000.


Kerepotan pekebun yang harus menyiapkan ajir gres setiap kali menanam itu sekarang teratasi dengan teknologi gres ajir yang dikeluarkan PT Takiron Indonesia.


Ajir gres berbahan besi dengan lapisan plastik polyethilen itu tahan selama 10 tahun pemakaian. Ajir bercat hijau selebar 1,1 cm dengan tinggi 1,5 meter itu cukup ringan alasannya ialah bobotnya hanya 0,12 kg per ajir. Menurut Rudi, pekebun cabe asal Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, ajir itu sangat berguna. “Kami akan mencobanya alasannya ialah bambu tidak selalu tersedia,” ujarnya.


Belum ada Komentar untuk "Ajir Baru Tahan 10 Tahun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel