Langkah Tanam Salak Dari Biji

 jauh lebih murah dan cepat ketimbang cara vegetatif dengan mengambil anakan Langkah Tanam Salak Dari BijiMenanam salak dari biji (generatif) jauh lebih murah dan cepat ketimbang cara vegetatif dengan mengambil anakan. Tanaman salak asal biji umumnya mempunyai perakaran yang berpengaruh sehingga umur tanaman lebih panjang, lebih tahan rebah dan kekeringan.


Syarat penting menanam salak dari biji yaitu memastikan jenis salak yang ditanam merupakan salak unggul dan pohon induk minimal sudah berbuah sebanyak 5 kali. Hal itu untuk menjamin secara genetik peluang gen resesif yang merugikan keluar sanggup diminimalisir. Nah umur buah yang digunakan sebagai bibit dipilih berumur 5-5,5 bulan dengan bobot 4-5 gram/biji. Biji yang digunakan sebagai bibit dilarang lebih dari 8 hari semenjak dipetik.


 jauh lebih murah dan cepat ketimbang cara vegetatif dengan mengambil anakan Langkah Tanam Salak Dari BijiBiji yang terpilih sehat dan tanpa cacat selanjutnya direndam dalam air selama 24 jam. Perendaman bertujuan untuk memecah masa dormansi biji sehingga biji akan lebih cepat bertunas. Sambil menunggu biji direndam, siapkan media tanam di dalam polibag berdiameter 30 cm. Polibag diberi lubang di sekelilingnya biar drainase dan aerasi di dalamnya sanggup berjalan lancar.



Media tanam yang digunakan yaitu tanah yang dicampurkan pupuk kandang, 2:1, sebagai media pertama. Media pertama itu berikutnya dicampurkan lagi dengan pasir dan bubuk sekam dengan perbandingan 1:1:1. Selanjutnya biji yang sudah siap dibenamkan ke dalam polibag. Setiap polibag dibenamkan 10-15 biji salak. Pastikan kondisi polibag berair dan ditaruh ditempat yang mempunyai naungan.


Bibit mulai muncul sehabis 2 pekan. Pada ketika bibit berumur 30-40 hari, taburkan pupuk Urea sebanyak 3-4 sendok makan ke dalam polibag. Lakukan penyiraman setiap hari sampai setiap bibit yang keluar mengeluarkan 2-3 helai daun untuk selanjutnya sanggup dipindahkan ke lahan atau ditanam di pot secara tunggal.


Belum ada Komentar untuk "Langkah Tanam Salak Dari Biji"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel