Khasiat Ampuh Mengkudu

 cuma sebatas lalapan khas masyarakat Sunda di Jawa Barat Khasiat Ampuh MengkuduDulu daun dan buah mengkudu Morinda citrifolia cuma sebatas lalapan khas masyarakat Sunda di Jawa Barat. Adalah Prof Dr Sumali Wiryowidagdo Apt, hebat farmakologi dan guru besar dari Universitas Indonesia menguak khasiat penting mengkudu. Buah pace (sebutan di Jawa Barat) itu terbukti multikhasiat.


Menurut Sumali, mengkudu berguna antihipertensi, antistroke, antibakteri, antikanker, dan antioksidan. Mengkudu juga mengatur suasana hati, mengurangi rasa sakit, membantu siklus reproduksi sel telur, mengontrol rasa lapar, dan meningkatkan stamina dan vitalitas. Wajar dengan seabrek khasiat itu mengkudu sampai ketika ini menjadi menjadi primadona suplemen.


Daging buah mengkudu penuh biji berwarna merah kecokelatan. Buah yang keras dan belum berwarna kuning cocok dibentuk jus. Saat itu mengkudu kaya zat gizi menyerupai xeronine dan proxeronine.


Proxeronine berfungsi meningkatkan kadar xeronine yang menormalkan protein sel asing dalam tubuh. Senyawa lainnya, scopoletin berfungsi sebagai antiradang, antialergi, antidiabetes, dan memperlebar pembuluh darah sehingga menurunkan tekanan darah tinggi.


Zat antibakteri, antrakuinon, acubin, asperuloside, dan alizarin terbukti membunuh basil penyebab jerawat menyerupai staphylococcus, shigella, dan salmonella.


Beberapa jenis asam menyerupai asam askorbat merupakan antioksidan kuat, asam kaproat, dan asam kaprik penyebab busuk busuk pada mengkudu sangat bermanfaat sebagai antibiotik alami dan penyeimbang pH tubuh. Cobalah untuk rutin meminum setengah sampai satu gelas per hari, dan lihat kesudahannya sebulan kemudian. Wicaksono di Cipayung, Jakarta Timur yang rutin minum jus mengkudu, contohnya tetap bugar walau usianya telah mencapai 75 tahun. Semua berkat mengkudu.



Belum ada Komentar untuk "Khasiat Ampuh Mengkudu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel