2 Jam di Kebun Raya Eka Karya Bali

Ingin berlibur sekaligus menyaksikan pesona bunga anggrek hitam  2 Jam di Kebun Raya Eka Karya BaliIngin berlibur sekaligus menyaksikan pesona bunga anggrek hitam Coelogyne pandurata yang mekar? Atau bunga-bunga anggrek dari sekitar 302 jenis menyerupai anggrek Anggrek kalajengking Arachnis flos-aeris atau Epindendrum radicans asal Amerika Selatan? Datanglah ke taman anggrek di Kebun Raya Eka Karya di Bedugul, Bali.


Kontributor Bebeja.com Utami Kartika yang tiba pada medio Agustus 2014 selama 2 jam menyaksikan betapa koleksi anggrek di taman anggrek di kebun raya yang diresmikan pada 15 Juli 1959 itu sungguh menakjubkan. Bermekaran dengan warna-warna eksotis.


Kebun Raya Eka Karya yang bermakna pertama itu menempati lahan seluas 154,50 hektar dan sampai Juni 2014 sudah mempunyai koleksi 6.307 jenis. Taman anggrek hanya salah satu bab dari taman-taman tematis yang dibentuk di kebun raya yang berada di ketinggian 1.250-1.450 meter dpl itu.


Ingin berlibur sekaligus menyaksikan pesona bunga anggrek hitam  2 Jam di Kebun Raya Eka Karya BaliBagi pecinta kaktus dan sukulen, misalnya, kebun raya yang terkenal disebut Bali Botanic Garden itu menjalankan fungsi antara lain inventarisasi, eksplorasi, koleksi, pemeliharaan, reintroduksi tumbuhan itu mempunyai taman kaktus dan sukulen yang berisi koleksi dari 101 jenis dari 52 marga. Penampilan rumah bagi kaktus dan sukulen itu sungguh menawan.


Taman tematis lainnya yaitu taman cyathea, taman begonia, taman usada, dan taman panca yadnya. Taman usada seluas 2 hektar misalnya, disesaki koleksi tumbuhan obat yang mencapai 336 jenis. Nah Anda mengunjungi taman panca yadnya, di sana terdapat ratusan jenis tumbuhan yang lazim digunakan dalam upacara Agama Hindu di Bali. Hampir 15% tumbuhan di taman panca yadnya merupakan jenis endemik alias hanya dijumpai di Bali.


Sejatinya Indonesia mempunyai beberapa kebun raya yang dikembangkan sesuai karakteristik ekologi. Kebun Raya Bogor di Bogor, Jawa Barat contohnya fokus pada tumbuhan dataran rendah basah. Berbeda dengan Kebun Raya Cibodas di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat yang didominasi tumbuhan pegunungan khusus Kawasan Barat Indonesia.


Kebun raya lainnya yaitu Kebun Raya Purwodadi yang menjadi spesialisasi untuk tumbuhan dataran rendah kering. Nah untuk tumbuhan pegunungan khusus di Kawasan Timur Indonesia terpusat di Kebun Raya Eka Karya di Bali yang berjarak 60 kilometer dari Denpasar. Selamat berkunjung.


Ingin berlibur sekaligus menyaksikan pesona bunga anggrek hitam  2 Jam di Kebun Raya Eka Karya Bali


Ingin berlibur sekaligus menyaksikan pesona bunga anggrek hitam  2 Jam di Kebun Raya Eka Karya Bali Ingin berlibur sekaligus menyaksikan pesona bunga anggrek hitam  2 Jam di Kebun Raya Eka Karya Bali Ingin berlibur sekaligus menyaksikan pesona bunga anggrek hitam  2 Jam di Kebun Raya Eka Karya Bali Ingin berlibur sekaligus menyaksikan pesona bunga anggrek hitam  2 Jam di Kebun Raya Eka Karya Bali


Belum ada Komentar untuk "2 Jam di Kebun Raya Eka Karya Bali"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel