Cegah Lengkeng Merana

 Jakarta Selatan mengeluhkan kondisi lengkeng dataran rendah pingpong dan diamond river ya Cegah Lengkeng MeranaYulianto, pehobi tumbuhan di Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan mengeluhkan kondisi lengkeng dataran rendah pingpong dan diamond river yang belum genap 1,5 tahun ditanamnya. Pohon lengkeng milik karyawan swasta di Jakarta Pusat itu tampak kurus dan tak mau berbunga.


Apa sebabnya? Boleh jadi kondisi itu tercipta semenjak Yulianto menentukan bibit lantas membawa pulang tumbuhan itu. Umumnya bibit yang gres didatangkan gampang stres. Stres bibit itu sanggup lenyap dengan melaksanakan adaptasi.


Caranya ialah jangan pernah eksklusif menanam bibit lengkeng itu. Taruhlah terlebih dahulu bibit di daerah terlindung dari cahaya matahari.


Berikutnya lakukan penyiraman setiap hari biar media tanam dan udara di sekitar bibit lembap. Pada sepekan pertama beberapa daun lengkeng akan rontok, tapi akan muncul daun baru. Dalam waktu 2 bulan kondisi bibit siap dipindah ke lahan.


Di lahan siapkan lubang tanam. Ukuran lubang tanam minimal 50 cm x 50 cm x 50 cm biar pertumbuhan akar tidak terhambat. Lubang tanam itu dibiarkan selama sepekan. Berikutnya benamkan pupuk sangkar setebal 1/3 lubang tanam yang dicampur tanah. Tutup dengan dedaunan dan biarkan selama 2-3 ahad sehingga media tanam tersebut matang. Bibit lalu sanggup ditanam, tetapi pilih waktu penanaman dikala mulai animo hujan.


Setelah bibit ditanam, 2 ahad berikutnya beri tumbuhan 2 kg/bulan pupuk kandang. Pupuk ditebar mengikuti lebar tajuk tanaman. Selain itu semprotkan pupuk daun sebanyak 5 g/l seminggu sekali. Pemberian pupuk daun dilakukan sekaligus dengan mencampurkan insektisida dan fungisida sebanyak 1-2 ml/l atau sesuai takaran di kemasan.


Hal lain yang penting ialah penyiraman. Penyiraman dilakukan rutin untuk mencegah tumbuhan drop dikala animo kemarau. Yang harus dipahami kekurangan air pada dikala berbunga menyebabkan kerontokan. Demikian pula dikala berbuah, buah sanggup kerdil dan rontok. Nah di dikala animo kemarau, terutama ketika matahari terik, siram pohon dengan pedoman air sedang selama 30-60 menit supaya kondisi lembap. Dengan kombinasi beberapa cara di atas sanggup dijamin pohon lengkeng tidak akan merana.



Belum ada Komentar untuk "Cegah Lengkeng Merana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel