Cara PT Biofarma Memanen Energi

Aliran udara terbuang dari exhaust pendingin ruang sanggup manfaatkan sebagai energi Cara PT Biofarma Memanen Energi


Aliran udara terbuang dari exhaust pendingin ruang sanggup manfaatkan sebagai energi. Itu dilakukan oleh produsen vaksin dan antisera terkemuka, PT Biofarma di Bandung, Jawa Barat. Pemanfaatan itu sanggup menabung 32% energi.


Sebagai produsen vaksin, PT Biofarma menetapkan standar ketat untuk ruang produksi. Ruangan itu harus steril dari kontaminan. Kondisi itu diperoleh PT Biofarma dengan memasang sistem Air Handling Unit (AHU) yang beroperasi 24 jam. Sistem AHU itu terdiri atas beberapa bagian, ialah AHU Supply untuk memasok udara higienis pada AHU resirkulasi yang lalu mensuplai udara higienis tersebut ke ruang produksi.


Berikutnya terdapat AHU Exhaust Fan Unit yang bekerja menjaga stabilitas tekanan udara dalam ruang produksi. “Pengoperasian AHU itu dilakukan otomatis dengan memanfaatkan perangkat Building Management System (BMS),” ujar Dr Erwin Setiawan, kepala Departemen Enviromental Health & Safety PT Biofarma pada kontributor bebeja.com, Faiz Yajri. Upaya menabung energi dari exhaust itu terealisasi dikala PT Biofarma membangun gedung gres produksi yang menerapkan teknologi Recovery Exhaust Air (REA).


Aliran udara terbuang dari exhaust pendingin ruang sanggup manfaatkan sebagai energi Cara PT Biofarma Memanen EnergiDi gedung gres itu energi hambar dari Exhaust Air yang sebelumnya terbuang, dihumidifikasi. Caranya dengan menyemprotkan air menggunakan pompa. Proses itu berlangsung pada Exhaust Fan Unit (EFU). Efeknya temperatur udara menjadi lebih hambar sehingga bermanfaat untuk media precooling pada AHU Supply. Hal ini sanggup menjaga kelembapan stabil pada kisaran 40-70%.


Kelembapan mutlak diatur semoga terjadi proses kondensasi di ruang produksi. Keuntungan lain, kinerja precooling pada AHU Supply lebih ringan sehingga masa pakai atau life time lebih lama. Keuntungan lainnya, terjadi penghematan listrik sebesar 30-40 kW. Dengan waktu operasi AHU selama 24 jam setiap hari, maka dalam satu tahun terjadi penghematan sebesar 350.784 kWh.


Aliran udara terbuang dari exhaust pendingin ruang sanggup manfaatkan sebagai energi Cara PT Biofarma Memanen EnergiBerkat aplikasi Recovery Exhaust Air, pada 2013 PT Biofarma didaulat menjadi salah satu pemenang kategori penemuan khusus industri dalam Penghargaan Efisiensi Energi Nasional 2013. Inovasi itu juga menjadi salah satu kunci dikala PT Biofarma meraih Penghargaan Proper (Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan) Kategori Hijau pada 2013.


Penghargaan kategori tertinggi itu diberikan karena PT Biofarma sanggup menghemat energi sebesar 2,4-juta kWh/tahun. Jumlah itu sekitar 9-11% dari total pemakaian listrik per tahun. PT Biofarma juga berhasil mereduksi beban emisi sebesar 5,93 ton/tahun dan menghemat air sebesar 23.303 m3/tahun.


Belum ada Komentar untuk "Cara PT Biofarma Memanen Energi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel