Ingin Kulit Cerah? Konsumsi Kencur

Kaum hawa sejawat Susi Andari di kantor sering memuji kulit sawo matang Susi yang terlihat Ingin Kulit Cerah? Konsumsi KencurKaum hawa sejawat Susi Andari di kantor sering memuji kulit sawo matang Susi yang terlihat cerah. “Mereka sering bertanya pakai kosmetik apa?” ujar wanita 31 tahun itu. Padahal Susi tidak pernah sekalipun menggunakan produk kosmetik pencerah dan pemutih kulit.


“Saya hanya meminum parutan kencur setiap pagi. Itu resep dari ibu saya,” ujarnya. Saban Ahad Susi akan memarut sekitar 1/4 kg kencur. Parutan itu lantas direbus dengan 5 gelas air sampai tersisa 4 gelas. Tak lupa Susi menambahkan sedikit gula merah untuk memberi rasa. Setelah disaring dan didinginkan, dia menaruhnya dalam botol. “Diminum segelas tiap hari untuk 4 hari,” katanya. Rutinitas Susi itu sudah berlangsung selama 4 tahun.


Kencur Kaempferia galanga memang diketahui mempunyai kegunaan sebagai pencerah kulit sekaligus bersifat antiaging alias mencegah penuaan. Itu berkat kehadiran senyawa Etil P-Metoksisinamat (EPMS). Senyawa tersebut bahkan sudah digunakan pada produk kosmetik sebagai senyawa dasar lotion tabir surya yang melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.


Yang sedikit berbeda, senyawa itu pada lotion sudah mengalami modifikasi dengan memperpanjang rantai senyawa, ialah mengubah etil menggunakan oktil, etil heksil, atau heptil melalui transesterifikasi untuk mengurangi kelarutan EPMS pada air sebagai salah satu syarat materi senyawa tabir surya.


Tidah hanya menjadi pencerah kulit, anggota keluarga Zingiberaceae itu juga mujarab sebagai obat kulit, terutama mengatasi dermatofitosis alias kurap akhir cendawan Trichophyton mentagrophytes. Riset Jaenudin Gholib dari Balai Besar Penelitian Veteriner di Bogor, Jawa Barat yang dipublikasi pada Buletin Littro Volume 20 pada 2009 pertanda hal itu. Ekstrak kencur mengandung senyawa biofungisida ibarat flavonoid, saponin serta minyak asiri.


Belum ada Komentar untuk "Ingin Kulit Cerah? Konsumsi Kencur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel