Cegah Buah Melon Pecah

 seringkali dijumpai gampang pecah menjelang masak buah Cegah Buah Melon PecahBuah melon Curcumis melo seringkali dijumpai gampang pecah menjelang masak buah. Kondisi itu diperparah jikalau terjadi perubahan cuaca secara drastis. Berikut upaya yang sanggup membantu meminimalisir kerugian itu.


1. Buah ganda

Buah pertama biasanya muncul di ketiak daun ke-11 dan berbobot besar alasannya dipelihara tunggal. Dengan penggandaan buah, buah lain yang muncul di ketiak daun ke-20 dipelihara. Sekitar 50% dari total buah kedua umumnya jarang mengalami buah pecah.


2. Penyiraman

Melon tidak menyukai air berlebihan sehingga sangat cocok ditanam menggunakan mulsa jerami atau plastik. Pada trend hujan lakukan penyiraman 20 hari sekali, sedangkan trend kemarau 8-10 hari sekali. Buah melon membutuhkan air lebih banyak dikala pembesaran buah sehingga frekuensi penyiraman pada kondisi ini dilakukan setiap 4-5 hari.


3. Pemupukan

Pemupukan pertama dilakukan dikala tumbuhan berumur 7 hari menggunakan pupuk Urea takaran 25 gram per tanaman. Pemberian pupuk dilakukan pada jarak 10-15 cm dari tumbuhan dan dikocorkan. Pemupukan kedua dilakukan dikala tumbuhan berumur 16 hari menggunakan pupuk ZA, TSP, dan KCl dengan perbandingan 2:1:1 plus NPK 15:15:15. Setiap tumbuhan menerima sekitar 40 gram dengan jarak penaburan pupuk sekitar 30 cm dari tanaman. Ulangi perlakuan pada dikala tumbuhan menginjak umur 40 hari dan 60 hari.


Belum ada Komentar untuk "Cegah Buah Melon Pecah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel