Garam Gunung Dari Krayan Kalimantan Utara

 sumber garam setempat justru berasal dari garam gunung Garam Gunung Dari Krayan Kalimantan UtaraPeribahasa asam di gunung, asin di maritim kolam tak berlaku di Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Harap mafhum, sumber garam setempat justru berasal dari garam gunung.


Garam gunung yang dalam bahasa setempat disebut tusu bubuk itu bersumber dari mata air di yang diketahui berkadar garam tinggi. Garam gunung sudah kondang diperdagangkan di antara suku Dayak semenjak zaman nenek moyang.


Sejatinya proses produksi garam tersebut berlangsung sepanjang tahun, tetapi lebih intensif pada ketika penanaman padi. Warga di Krayan bergiliran mengolah garam tersebut selama 2-3 pekan.


Garam gunung itu dikemas tradisional dengan memanaskan garam yang terlebih dahulu dengan memasukkan ke dalam bambu berisi daun di atas tungku api. Garam gunung yang terdaftar pada Slow Food International lantaran unik dan bercitarasa khas itu sanggup disimpan bertahun-tahun di atas tumpukan kayu bakar di atas perapian.


Belum ada Komentar untuk "Garam Gunung Dari Krayan Kalimantan Utara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel