Klasifikasi Hewan (Vertebrata Dan Invertebrata) Dan Perbedaannya

Klasifikasi Hewan (Vertebrata Dan Invertebrata) Dan Perbedaannya


Pada hari ini kita akan membahas wacana binatang vertebrata dan invertebrata. Berdasarkan klasifikasinya binatang dibagi menjadi 2 kelompok besar yaitu binatang Vertebrata atau yang mempunyai tulang belakang dan binatang Invertebrata atau yang tidak mempunyai tulang belakang. Lebih jelasnya mari kita simak klarifikasi di bawah ini:



  • Hewan Vertebrata (bertulang belakang) yaitu golongan binatang yang mempunyai tulang belakang, memiliki sistem peredaran darah tertutup, otak berkembang baik,  insang atau paru-paru sebagai alat respirasi, dan mempunyai sistem saraf yang kompleks. 


Pada hari ini kita akan membahas wacana binatang vertebrata dan invertebrata Klasifikasi Hewan (Vertebrata Dan Invertebrata) Dan Perbedaannya

Hewan Vertebrata terbagi menjadi beberapa jenis yaitu:



  1. Ikan (Pisces) yaitu jenis binatang yang hidup di air, mempunyai alat gerak berjulukan sirip dan bernapas memakai insang serta berkembang biak secara bertelur(ovipar) dan ovovivipar(bertelur-melahirkan).

  2. Amfibi(Amphibia) yaitu jenis binatang yang sanggup hidup di darat dan air, tidak sanggup mengatur suhu tubuhnya sendiri(berdarah dingin) serta memakai paru-paru sebagai alat pernafasannya. Contohnya katak,kadal air,serta salamander.

  3. Reptil(Reptilia) yaitu binatang yang tidak sanggup mengatur suhu tubuhnya sendiri(berdarah dingin) yang bergerak dengan cara melata serta tubuhnya ditutupi oleh sisik-sisik,sepeti ular,buaya,dan kadal,dll.

  4. Burung(Aves) yaitu jenis binatang vertebrata yang sanggup terbang, mempunyai bulu yang menutupi bab tubuhnya serta alat geraknya berupa sayap dan kaki, tetapi ada jenis aves yang tidak  dapat terbang menyerupai ayam, angsa ,bebek, kalkun, pinguin, dll.

  5. Hewan Menyusui (Mammalia) yaitu binatang vertebrata yang mempunyai kelenjar susu bagi betinanya yang berfungsi sebagai sumber masakan bagi anakannya. Hewan mamalia tergolong dalam binatang berdarah panas. Hewan mammalia ada yang hidup di darat dan air. Contoh mammalia antara lain paus, sapi, domba, lumba-lumba, gajah dll.



  • Hewan Invertebrata yaitu golongan binatang yang tidak bertulang belakang dan dari segi morfologi, sistem pernafasan, pencernaan serta peredaran darah invertebrata lebih sederhana daripada binatang vertebrata.

    Berikut golongan binatang yang masuk ke dalam kelompok invertebrata:


Pada hari ini kita akan membahas wacana binatang vertebrata dan invertebrata Klasifikasi Hewan (Vertebrata Dan Invertebrata) Dan Perbedaannya



  1. Porifera yaitu filum bagi binatang vertebrata yang hidup di maritim dengan bentuk menyerupai tanaman atau tabung berpori yang menempel pada sesuatu di dasar maritim dan sanggup berpindah secara bebas. binatang ini disebut juga binatang berpori. Bakteri dan plankton yaitu sumber masakan bagi porifera. Ada 3 kelas yang termasuk dalam filum porifera ini yaitu kelas corcorea, hexactinelida serta demospangia.

  2. Protozoa adalah filum pada binatang air invertebrata yang hanya bersel satu.ukuran tubuh protozoa sangat kecil yaitu berkisar antara 10-50 μm tetapi ada juga yang 1mm. Kelas pada protozoa ada empat yaitu binatang berbulu cambuk(flagellata),berambut getar(cilliata), berkaki semu(rhizopoda) serta berspora(sporozoa).

  3. Cnidaria yaitu filum bagi binatang yang mempunyai sel sengat dengan nama knidosit yang dipakai untuk berburu mangsa dan untuk membela diri. dalam cnidaria dibagi menjadi 4 kelas yaitu anthozoa (seperti anemon laut, pena laut, serta koral), scyphozoa (seperti ubur-ubur), cubozoa (seperti ubur-ubur kotak) dan satu lagi kelas hydrozoa.

  4. Platyhelminthes atau cacing pipih yaitu filum bagi cacing dengan tubuh pipih serta tidak bersegmen.cacing ini sanggup ditemukan di sungai maritim danau atau ditubuh organisme lain.ada 3 kelas dalam filum platyhelmyntes yaitu cacing berambut getar(turbellaria) cacing isap (trematoda) dan cacing pita (cestoda)

  5. Nematoda atau cacing gilik yaitu filum bagi cacing yang mempunyai bentuk gilik pada bab tengah bundar dan pada bab ujungnya runcing. Contohnya cacing filaria,tambang,dan askaris

  6. Ctenophora yaitu filum binatang yang mempunyai lubang kecil menyerupai pori-pori di hampir seluruh bab tubuhnya dan pori ini sanggup menyebabkan racun yang dipakai untuk melumpuhkan mangsa atau pemangsanya .

  7. Annelida atau cacing gelang yaitu filum bagi cacing yang tubuhnya mempunyai segmen-segmen menyerupai gelang dan sistem organ yang baik dan peredaran darah yang tertutup. Terdapat 3 kelas pada filum ini yaitu polychaeta/berambut banyak, oligochaeta/berambut sedikit atau tidak ada rambut sama sekali dan hirdinea/penghisap darah. Contohnya lintah,cacing tanah,cacing kipas,dan cacing pasir

  8. Mollusca atau binatang bertubuh lunak yaitu filum bagi binatang yang mempunyai tubuh lunak baik itu tertutup cangkang atau pun tidak.filum ini dibagi menjadi 5 kelas yaitu P (memiliki 2 buah cangkang menyerupai kerang, tiram dan simping), Gastropoda (Siput baik yang bercangkang ataupun tidak), Cepalophoda (Gurita dan cumi-cumi), Scaphopoda dan Amphineura.

  9. Arthopoda adah filum bagi binatang yang disebut binatang berbuku-buku. Terdapat beberapa kelas pada filum ini yaitu Chelicerata (laba-laba, tungau, kalajengking), Myriapoda (lipan), Krustasea (kepiting, lobster, udang) dan Hexapoda (serangga).


Berikut ini yaitu perbedaan yang mencolok antara binatang Vertebrata dan Invertebrata:



  • Vertebrata mempunyai tulang punggung dengan sumsum tulang belakang, sedangkan Invertebrata tidak mempunyai tulang belakang.

  • Keragaman  di invertebrata sangat tinggi dibandingkan dengan vertebrata.

  • Vertebrata selalu simetri bilateral, sementara Invertebrata sanggup mengatakan simetri bilateral atau simetri radial.

  • Vertebrata biasanya berbadan besar dan bergerak cepat dibandingkan invertebrata.


Demikian pembahasan kita tentang”Klasifikasi Hewan Vertebrata Dan Invertebrata) Dan Perbedaannya“, biar bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kita berikutnya. Sampai jumpa





Belum ada Komentar untuk "Klasifikasi Hewan (Vertebrata Dan Invertebrata) Dan Perbedaannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel