Perbedaan Antara Ikan Hiu Dan Paus Yang Belum Banyak Orang Ketahui

Perbedaan Antara Ikan Hiu Dan Paus Yang Belum Banyak Orang Ketahui


Hai sahabat…..Sebelumnya kita telah memposting perihal hiu dan paus tapi taukah kau bahwa hiu dan paus mempunyai perbedaan yang sangat mencolok, kali ini kita akan membahas perihal perbedaan dari kedua binatang tersebut perhatikan klarifikasi di bawah ini :



Hiu ialah ikan yang masuk dalam kelompok superordo selachimorpha. hiu mempunyai badan ramping,mereka bernafas memakai lima,enam bahkan tujuh liang insang tergantung spesies di bab samping. Hiu mempunyai susunan kerangka tulang rawan yang lengkap, hiu dilapisi kulit dermal denticles pada tubuhnya yang berfungsi untuk melindungi kulit mereka biar tidak rusak, terhindar dari benalu dan untuk menambah dinamika air.

Hiu mempunyai tulang yang sangat ringan dan elastis lantaran terbuat dari tulang rawan muda walaupun terkadang tulang rawan pada ikan yang lebih bau tanah akan mengalami pengapuraa tulang sebagian. Hiu mempunyai beraneka ragam bentuk rahang yang diduga terjadi lantaran berevolusi dai rongga yang pertama.


Perbedaan Antara Ikan Hiu Dan Paus Yang Belum Banyak Orang Ketahui Perbedaan Antara Ikan Hiu Dan Paus Yang Belum Banyak Orang Ketahui


Sedangkan


Paus merupakan mamalia bahari terbesar ketika ini. Paus merupakan salah satu dari banyak jenis binatang yang hidup dan tinggal di laut. Paus ialah binatang mamalia laut, tetapi seringkali disebut sebagai ikan lantaran bentuknya ibarat golongan ikan. Paus merupakan anggota bangsa Cetacea yang berukuran besar.


Paus mempunyai ukuran badan besar, cerdas dan hidup bebas di samudera. Jika kebanyakan binatang bahari bernapas dengan insang namun tidak dengan paus, mereka bernapas dengan paru-paru. Berbeda pula dengan sapi bahari atau manati, paus menjadi satu-satunya mamalia bahari yang bisa hidup dibawah bahari selama hidupnya. Karena itu, mereka begitu gampang menyesuaikan diri dengan kedalaman samudera yang entah tak terkira hitungannya. Ciri lain dari paus yaitu mempunyai rambut meskipun sedikit (biasanya terdapat pada paus dewasa), berdarah dingin, mempunyai kelenjar susu, mempunyai jantung dengan empat ruang.


Pada umumnya, paus terbagi menjadi dua kategori. Ada paus bergigi (odontoceti) dan paus tidak bergigi (Mysticeti). Paus Odontoceti yang bergigi merupakan pemangsa yang memakan ikan, sotong, dan mamalia laut, mempunyai satu lubang pernapasan. Paus bergigi berkerabat erat dengan lumba-lumba dan pesut. Paus tidak bergigi berukuran lebih besar daripada ikan paus bergigi dan mempunyai struktur yang dikenal sebagai balin yang berbentuk sikat. Struktur ini mempunyai kegunaan untuk menyaring plankton, makanannya, di air. Paus berbalin mempunyai dua lubang pernapasan.


Perbedaan Antara Ikan Hiu Dan Paus Yang Belum Banyak Orang Ketahui Perbedaan Antara Ikan Hiu Dan Paus Yang Belum Banyak Orang Ketahui


Berikut ialah perbedaan antara Hiu dan Paus:



  1. Hiu digolongkan ke dalam pisces/ikan yang mempunyai sisik ditubuhnyadan termasuk vertebrata yang mempunyai tulang punggung kaku dan pada ketika berenang hiu mengibaskan ekornya ke kanan dan ke kiri sedangkan Paus digolongkan kedalam mamalia lantaran beliau ialah binatang bahari yang mempunyai kelenjar susu,dia tidak bersisik dan bukan binatang vertebrata dan apabila berenang paus mengibaskan ekornya keatas dan kebawah.

  2. Hiu mempunyai tulang yang tersusun dari tulang rawan yang bersifat fleksibel yang banyak membentuk pendengaran dan hidung, sedangkan Paus mempunyai tulang yang kaku jadi bila disimpulkan kerangka yang dimiliki Paus lebih berat dibanding Hiu.

  3. Hiu bernafas dengan insang yang terdapat disisi kepala bab kanan dan kiri dan bentuk insangnya sangat tipis serta gampang dilipat sedangkan Paus bernafas memakai paru-paru bila ingin mengambil oksigen ketika berenang maka Paus akan keluar ke permukaan dan menyerapnya melalui jalan masuk pernapasan yang ada di atas kepalanya.

  4. Hiu ialah binatang berdarah cuek jadi hiu tidak sanggup mengatur suhu tubuh. Lingkungan sekitar hiu sangat besar lengan berkuasa terhadap suhu tubuhnya. Jadi, inilah lantaran kenapa Hiu umumnya hidup di perairan sub-tropis dan tropis meskipun ada juga yang hidup di perairan yang dingin. Sedangkan Paus, tergolong binatang berdarah panas yang dengan gampang mengatur suhu tubuhnya menyesuaikan lingkungannya untuk bertahan hidup baik di perairan cuek atau hangat.

  5.  Hiu berkembangbiak dengan cara bertelur(ovipar) dan ada juga yang berkembang biak dengan cara bertelur-melahirkan(ovovivipar). Hiu indukan akan bisa menghasilkan kurang dari 100 butir telur. Telur sehabis menetas maka induk hiu ada yang tetap mengasuh larvanya dan ada pula yang pribadi meninggalkannya. Sedangkan Paus, berkembang biak dengan cara melahirkan(vivipar). Setelah melahirkan paus akan mengasuh anakannya sampai mereka sanggup bertahan hidup sendiri.


Demikan klarifikasi kita perihal “Perbedaan Antara Ikan Hiu Dan Paus Yang Belum Banyak Orang Ketahui“, semoga bermanfaatdan jangan lupa ikuti postingan kita berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Antara Ikan Hiu Dan Paus Yang Belum Banyak Orang Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel