12 Teknik, Cara, Serta Tips Budidaya Jeruk Manis Berkualitas Tinggi

Penjelasan, Klasifikasi Serta Cara Budidaya Jeruk Manis Berkualitas Tinggi


Jeruk atau limau yakni semua tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae atau suku jeruk-jerukan. Buahnya berdaging dengan rasa masam yang segar dan ada yang mempunyai rasa manis. Rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang terkandung pada jeruk. Jeruk berasal dari Asia Timur dan Asia Tenggara dengan Jeruk bagus dan lemon berasal dari Asia Timur, sedangkan jeruk bali, jeruk nipis dan jeruk purut berasal dari Asia Tenggara.

Jeruk mempunyai pohon berukuran kecil, termasuk dalam tumbuhan perdu atau semak besar. Ketinggian pohon sanggup mencapai 2 hingga 15 m dengan batang atau ranting berduri panjang tetapi tidak rapat. Daun tumbuhan jeruk berwarna hijau dengan permukaan biasanya licin dan agak berminyak. Bunganya tunggal atau dalam kelompok, mempunyai lima mahkota bunga (kadang-kadang empat) dengan warna putih atau kuning pucat, jumlahnya banyak, dan mempunyai aroma yang sangat harum. Buah Jeruk mempunyai ukuran yang bervariasi dengan diameter 2 hingga 30 cm tergantung jenisnya.


 Klasifikasi Serta Cara Budidaya Jeruk Manis Berkualitas Tinggi 12 Teknik, Cara, Serta Tips Budidaya Jeruk Manis Berkualitas Tinggi


Klasifikasi ilmiah jeruk

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Upakelas: Rosidae

Ordo: Sapindales

Famili: Rutaceae

Upafamili: Aurantioideae

Bangsa: Citreae

Genus: Citrus


Jeruk merupakan Komoditi buah yang banyakk dibudidayakan, Berikut yakni cara dan tips budidaya jeruk manis:


 Klasifikasi Serta Cara Budidaya Jeruk Manis Berkualitas Tinggi 12 Teknik, Cara, Serta Tips Budidaya Jeruk Manis Berkualitas Tinggi



  • Syarat Tumbuh

    Jeruk sanggup tumbuh dengan baik pada ketinggian 0-400 meter dpl dengan keadaan iklim yang baik bagi tumbuhan jeruk yakni pada kisaran suhu udara 25 °C – 30 °C atau rata-rata 20 °C, curah hujan tidak lebih dari 100 mm/bulan atau 1200 mm/tahun dengan kelembaban udara 50 % – 85% dengan minimal 3 bulan kering. Jeruk harus ditanam di kawasan terbuka atau menerima cukup sinar matahari, dan apabila ditanam di dataran tinggi sanggup menyebabkan kulit menjadi tebal dan rasa jeruk menjadi pahit. Keadaan tanah yang baik untuk ditanami jeruk yakni tanah yang gembur, mempunyai kandungan materi organik yang tinggi, mempunyai irigasi dan drainase yang baik, dengan nilai kemasaman (pH) 6-7.

  • Pembibitan

    Buah Jeruk sanggup ditanam dengan dua cara atau dua teknik yaitu dengan cara generatif dan cara vegetatif. Cara generatif yaitu pembibitan dengan biji sedangkan cara vegetatif memakai cara stek atau penyambungan tunas pucuk adajuga cara okulasi.

  • Lahan Tanam Dan Penanaman Bibit

    Lahan yang akan dipakai untuk budidaya jeruk bagus sebaiknya dibersihkan dari rumput liat dahulu baik dengan memakai herbisida maupun dengan cara di cangkuli. Setelah lahan higienis kemudian buatlah lubang dengan diameter 50 cm x 50 cm. Jarak antar lubang sekitar 5×6 Meter atau diubahsuaikan kemudian sehabis tamat menciptakan lubang basahi lubang dan beri pupuk sangkar dan NPK atau campur dengan urea,TSP, atau KCL dibagian dasar lubang kemudian masukan bibit kedalam lubang kemudian tutup lagi memakai tanah galian sehabis itu siram tanah dengan air kemudian pasang tajuk dan ikat batang bibit jeruk pada tajuk dengan memakai tali.

  • Perawatan Tanaman

    1. Penyiraman atau pengairan

    Lakukan penyiraman atau pengairan secara rutin yaitu pada pagi dan sore tergantung kondisi tanah. Apabila sudah berumur sekitar 3 bulan pengairan bisa dilakukan 3-4 hari sekali. Pada animo kemarau penyiraman sanggup dilakukan sekali dalam seminggu, jikalau air kurang tersedia bisa dilakukan penggemburan kembali pada tanah memakai mulsa. Penyiraman tersebut dilarang hingga menggenangi batang pohon.

    2. Penyiangan

    Apabila gulma sudah mulai muncul sebaiknya cepat dilakukan penyiangan.

    3. Pemupukan

    Pemupukan dilakukan setiap tumbuhan bertambah umur dan jumlahnya semakin meningkat. biasanya pupuk yang dipakai yakni pupuk kandang, dolomit, urea, ZA, TSP, dan ZK.

    4. Pembubuhan Tanah

    Apabila menanam jeruk diarea berlereng niscaya tumbuhan tersebut akan terkena imbas erosi, pembubuhan atau penambahan tanah perlu dilakukan.

    5. Pemangkasan

    Pemangkasan perlu dilakukan untuk membentuk kanopi dan menghilangkan cabang yang sudah tidak produktif serta kering. Agar ranting dari pemotongan tidak terjangkit hama atau pun penyakit sebaiknya tutup dengan lilin atau fungisida, bisa juga sebelum memangkas gunting dicelupkan pada larutan alkohol atau klorox.

    6. Penjarangan Buah

    Penjarangan buah perlu dilakukan supaya ranting pada pohon tidak patah dan tetap terjaga kualitas buahnya. Biasanya dalam 1 tangkai terdapat lebih dari 3 buah, hal tersebut sanggup menyebabkan ranting patah jikalau di biarkan sebaiknya kurangi jumlah buah dalam setiap tangkai, buang buah yang tidak terkena sinar matahari, buah yang mempunyai penyakit atau busuk. Usahakan paling tidak dalam setiap tangkai tidak lebih dari 3 buah.

    7. Penanganan Hama Dan penyakit

    Hama yan sering menyerang tumbuhan buah Jeruk antara lain Kutu loncat (Diaphorina citri), Kutu daun (Toxoptera citridus aurantii, Aphis gossypii), Ulat peliang daun (Phyllocnistis citrella). Penyakit yang sering menyerang tumbuhan buah jeruk antara lain Embun Tepung (Disebabkan oleh jamur Odidium tingitanium), Kudis (Disebabkan oleh jamur Sphaceloma fawcetti),Busuk Buah (Disebabkan oleh jamur Penicillium spp., Phytophtora citriphora, Botryodiplodia theobromae), Buah Gugur Prematur (Disebabkan oleh jamur Fusarium sp. , Colletotrichum sp., Alternaria sp.). Hama dan penyakit yang menyerang tumbuhan buah jeruk sanggup diatasi dengan melaksanakan pengendalian dengan cara penyemprotan fungisida atau yang lain sesuai dengan ketentuan.

  • Panen

     Klasifikasi Serta Cara Budidaya Jeruk Manis Berkualitas Tinggi 12 Teknik, Cara, Serta Tips Budidaya Jeruk Manis Berkualitas Tinggi


    Pemanenan buah jeruk sanggup dilakukan sehabis 8 bulan sehabis berbunga. pemanenan sanggup dilakukan cara memotong pecahan tangkai memakai gunting supaya kualitas jeruk sanggup terjaga. Setiap pohon rata-rata bisa menghasilkan 300 hingga 500 buah per tahunnya.


Demikian artikel pembahasan tentang”12 Teknik, Cara, Serta Tips Budidaya Jeruk Manis Berkualitas Tinggi“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "12 Teknik, Cara, Serta Tips Budidaya Jeruk Manis Berkualitas Tinggi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel