Buah Naga – Sejarah , Klasifikasi, Morfologi, dan Jenis Varietas Dragon Fruit Lengkap

Sejarah , Klasifikasi, Morfologi, dan Jenis Varietas Dragon Fruit Lengkap Serta Beragam Manfaatnya


Buah Naga merupakan salah satu buah yang kemunculannya sempat heboh dikalangan masyarakat Indonesia lantaran mempunyai bentuk buah yang tidak biasa ditambah dengan harganya yang cukup mahal, alasan tersebutlah yang mengakibatkan buah ini menjadi populer. Pada awalnya tidak banyak orang tahu bahwa buah naga merupakan tumbuhan buah dari jenis kaktus.


Buah naga atau di Inggris disebut dengan Pitaya merupakan buah yang berasal dari Negara Eropa, yaitu Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Buah ini merupakan jenis tumbuhan kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini dikala ini sudah banyak dibudidayakan di negara-negara Asian menyerupai Taiwan, Vietnam, Filipina, Malaysia dan Indonesia.


Awal mula pernamaan jenis buah ini dimulai pada tahun 1870 tumbuhan ini dibawa oleh orang Perancis dari Guyana ke Vietnam untuk dijadikan sebagai tumbuhan hias. Sedangkan oleh orang Vietnam dan orang Cina buahnya di anggap membawa berkah. Sebab itulah buah dari tumbuhan jenis kaktus ini diletakkan diantara ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah terlihat mencolok di antara warna naga-naga yang hijau. Dari kebiasaan inilah buah itu di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya Cina dikenal sebagai thang loy (buah naga). Istilah Thang loy kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara lain yang berbahasa Inggris sebagai dragon fruit (buah naga).



Klasifikasi

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)

Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)

Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)

Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)

Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)

Sub Kelas: Hamamelidae

Ordo: Caryophyllales

Famili: Cactaceae (suku kaktus-kaktusan)

Genus: Hylocereus

Spesies: Hylocereus undatus (Haw.)Britt.Et R



Morfologi Buah Naga


Morfologi tumbuhan buah naga terdiri dari akar, batang, duri, bunga, dan buah. Akar buah naga hanyalah akar serabut yang berkembang dalam tanah pada batang atas sebagai akar gantung. Akar tumbuh di sepanjang batang pada cuilan punggung sirip di sudut batang. Pada cuilan duri, akan tumbuh bunga yang bentuknya menyerupai bunga Wijayakusuma. Bunga yang tidak rontok menjelma buah. Buah naga bentuknya lingkaran agak lonjong seukuran dengan buah alpukat. Kulit buahnya berwarna merah menyala untuk jenis buah naga putih dan merah, berwarna merah gelap untuk buah naga hitam, dan berwarna kuning untuk buah naga kuning. Di sekujur kulit dipenuhi dengan jumbai-jumbai yang dianalogikan dengan sisik naga. Oleh lantaran itu, buah ini disebut buah naga.


Varietas Buah Naga


Terdapat empat jenis varietas dari buah naga, dan nama buah tersebut merujuk pada buah-buahan yang sanggup dimakan dari tumbuhan jenis kaktus, antara lain:


1. Hylocereus undatus, yang buahnya berwarna merah dengan daging buah putih.


 dan Jenis Varietas Dragon Fruit Lengkap Serta Beragam Manfaatnya Buah Naga – Sejarah , Klasifikasi, Morfologi, dan Jenis Varietas Dragon Fruit Lengkap


Jenis Hylocereus undatus paling sering ditemui di Indonesia. Jenis ini juga paling banyak dibudidayakan di Indonesia lantaran perawatannya yang mudah, bahkan sanggup tumbuh subuh pada media tanam pot.


Buah naga Hylocereus undatus sering juga disebut dengan buah naga putih, lantaran buah ini mempunyai warna buah putih, namun kulit luarnya berwarna merah serah seta pada ujung sisiknya berwarna kehijauan. Buah ini mempunyai rasa asam dan sedikit manis. Biasanya buah ini sering dipakai untuk adonan es buah atau dijadikan sebagai salad buah.


2. Hylocereus polyrhizus, yang buahnya berwarna merah muda dengan daging buah merah.


 dan Jenis Varietas Dragon Fruit Lengkap Serta Beragam Manfaatnya Buah Naga – Sejarah , Klasifikasi, Morfologi, dan Jenis Varietas Dragon Fruit Lengkap


Jenis Hylocereus polyrhizus banyak orang menyebutnya sebagai buah naga merah, lantaran mempunyai daging buah merah. Namun untuk cuilan kulit luarnya hampir sama dengan kulit dari jenis buah naga putih, yaitu merah cerah namun warnanya sedikit pekat. Buah naga ini mempunyai tekstur daging buah lebih lembap jikalau dibandingkan dengan buah naga putih yang sedikit mempunyai lendir.


Rasa dari jenis buah naga Hylocereus polyrhizus lebih manis, untuk itulah membuah buah naga ini mempunyai harga yang lebih mahal dibandingkan dengan buah naga putih. Buah ini sering diolang menjadi smoothie atau jus buah. selain itu juga cocok untuk disantap langsung. Buah naga ini juga mempunyai bebera khasiat untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk mengurangi resiko diabetes melitus.


3. Selenicereus megalanthus dengan kulit buah kuning dan daging buah putih.


 dan Jenis Varietas Dragon Fruit Lengkap Serta Beragam Manfaatnya Buah Naga – Sejarah , Klasifikasi, Morfologi, dan Jenis Varietas Dragon Fruit Lengkap


Berbeda dengan klarifikasi dua jenis buah naga di atas, buah naga jenis ini mempunyai warna kulit kuning cerah dan cuilan dalam buahnya berwarna putih. Ukuran buah naga ini pula duakali lebih kecil dari buah naga lainnya. Keberadaan buah naga jenis ini jarang untuk kita temui di Indonesia, hanya sanggup kita temui di beberapa pasar swalayan modern lantaran harga yang ditawarkan cukup tinggi.


4. Hylocereus costaricensis, buah naga dengan warna buah yang sangat merah.


 dan Jenis Varietas Dragon Fruit Lengkap Serta Beragam Manfaatnya Buah Naga – Sejarah , Klasifikasi, Morfologi, dan Jenis Varietas Dragon Fruit Lengkap


Jenis Hylocereus costaricensis ini sering disebut sebagai buah naga hitam, namun bahwasanya warna buah tersebut bukanlah hitam, namun berwarna merah yang sangat pekat sehingga mendekati warna hitam. Warna hitam yang dihasilkan dari daging buah naga jenis ini berasasl dari pupuk alami yang berjulukan black natural. Black natural tersebut merupakan adonan dari komposisi pupuk kotoran sapi, cengkeh sisa pabrik rokok atau cengkok cengkeh, ampas jamu, dan juga debu sekam. Campuran semua materi pupuk ini mempunyai imbas yang meningkatkan kandungan betakaroten pada buah naga sehingga daging buahnya menjadi lebih pekat.


Namun secara umum pertumbuhan morfologi dari tumbuhan ini sama dengan jenis buah naga lainnya. Memiliki kulit yang berwarna merah lengkap dengan sisik besar khas daari buah naga. Buah naga hitam mungkin masih terasa abnormal di Indonesia lantaran memang belum banyak masyarakat yang mengetahui adanya buah ini. Hal itu cukup wajar, lantaran budidaya buah naga hitam belum usang dan keberadaannya masih sangat terbatas.


Manfaat Buah Naga

Manfaat Buah Naga


Manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh memang sangat beragam, mulai dari manfaat yang sederhana hingga dengan manfaat yang penting dan tidak kita ketahui secara luas. Berikut yaitu beberapa manfaat buah ini untuk tubuh kita.


 dan Jenis Varietas Dragon Fruit Lengkap Serta Beragam Manfaatnya Buah Naga – Sejarah , Klasifikasi, Morfologi, dan Jenis Varietas Dragon Fruit Lengkap


1. Menurunkan berat tubuh dan diet

2. Sumber besar antioksidan dan bagud untuk detoks

3. Mencegah kanker

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

5. Mencegah diabetes militus

6. Menunda penuaan dini

7. Mengobati batuk dan asma

8. Mencegah tekana darah tinggi dan serangan jantung

9. Baik untuk pertumbuhan tulang dan fatwa darah

10. Memperkuat tulang dan gigi

11. Baik untuk membersihkan usus

12. Mencegah peradangan

13. Menjaga ion tubuh

14. Buah untuk meningkatkan stamina

15. Agar tidak gampang kram

16. Mencegah kelumpuhan otot

17. Baik untuk menjaga kelembaban kulit

18. Baik untuk manula

19. Menjaga kesehatan syaraf

20. Baik untuk menjaga usus dari perkembangan bakteri

21. sanggup dipakai untuk perwarna alami (buah naga merah)

22. sanggup dipakai untuk membasmi jerawat

23. Mencegah kerapuhan tulang

24. Baik untuk pencernaan bayi di atas 1 tahun

25. Menjaga kelancaran sistem peradaran darah

26. Baik untuk meningkatkan ASI

27. Baik untuk mengobati panas dalam

28. Baik untuk mengobati sariawan

29. Sangat ampuh untuk mengatasi tengorokan kering

30. Dapat menjaga kulit wajah biar tetap kencang


Mengingat manfaat kesehatan sangat banyak sekali, jangan pernah ragu untuk mengkonsumsi buah naga biar kesehatan anda selalu terjaga sepanjang hari. Buah ini juga sanggup membantu sistem pencernaan tubuh manusia.



Demikian artikel pembahasan kami tentang Buah Naga – Sejarah , Klasfikasi, Morfologi, dan Jenis Varietas Dragon Fruit Lengkap , semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa di artikel lainnya..




Belum ada Komentar untuk "Buah Naga – Sejarah , Klasifikasi, Morfologi, dan Jenis Varietas Dragon Fruit Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel