Panduan Lengkap Cara Budidaya Kayu Manis Penyedap Rasa Yang Kaya Akan Manfaat

Panduan Lengkap Cara Budidaya Kayu Manis Penyedap Rasa Yang Kaya Akan Manfaat


Hai Sahabat…..Kali ini kita akan membahas wacana Cara Budidaya Kayu Manis. Berikut yaitu klarifikasi lengkapnya.


Kayu manis (Cinnamomum verum, sin. C. zeylanicum) merupakan tumbuhan penghasilkan rempah. Biasanya kayu bagus dipakai untuk penyedap rasa kuliner sebab kayu bagus beraroma, pedas dan manis. Selain sebagai penyedap rasa kayu manis, sebab kandungan zat yang bermanfaat juga sanggup dijadikan obat ibarat menurunkan kadar gula darah, dll.

Masih sedikit orang yang membudidayakan tumbuhan kayu bagus ini, sehingga sanggup dijadikan peluang bisnis yang menguntungkan sebab masih mempunyai sedikit pesaing. Berikut yaitu Cara Budidaya Kayu Manis:


Panduan Lengkap Cara Budidaya Kayu Manis Penyedap Rasa Yang Kaya Akan Manfaat Panduan Lengkap Cara Budidaya Kayu Manis Penyedap Rasa Yang Kaya Akan Manfaat


Syarat Tumbuh


Kayu bagus sanggup tumbuh dengan baik pada ketinggian sekitar 0 mdpl sampai 2000 mdpl

Kayu bagus sanggup tumbuh dengan baik pada kawasan beriklim tropis berair dengan curah hujan sekitar 2000 sampai 2500 mm/th, Suhu yang baik sekitar 18°C sampai 27°C, Kelembaban tanahnya Sekitar 70% sampai 90%, serta Kebutuhan sinar matahari sekitar 40%-70%.

Kayu Manis baik tumbuh pada tanah humus,berpasir, remah, latosol, mediterania, andosol, serta podsolik merah kuning dengan pH tanah sekitar 5,0 sampai 6,5.



  • Pembibitan


Bibit yang akan ditanam bila berasal dari biji setidaknya berumur sekitar 8 bulan sampai 12 bulan dengan ketinggian sekitar 50cm-60cm. Jika bibit berasal dari stek asal harus mempunyai ketinggian yang sama pula dengan bibit yang berasal dari biji.

Panduan Lengkap Cara Budidaya Kayu Manis Penyedap Rasa Yang Kaya Akan Manfaat Panduan Lengkap Cara Budidaya Kayu Manis Penyedap Rasa Yang Kaya Akan Manfaat



  • Lahan Tanam


Lahan yang dipakai untuk menanam kayu bagus sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu kemudian digemburkan dengan cangkul sebanyak 2x. Setelah itu buatlah lubang tanam dengan ukuran 50x50x50 cm atau 40x40x40 cm, tanah pada kepingan bawah lubang dicampur dengan pupuk sangkar dengan takaran sekitar 20 kg/lubang sampai 30 kg/lubang, kemudian lubang dibiarkan selama 2 sampai 3 bulan sebelum masa tanam.



  • Penanaman


Setelah lahan tanam sudah siap dan begitu juga bibitnya, lakukan penanaman.

Penanam kayu bagus sanggup dilakukan dengan memakai 2 sistem yaitu sistem monokultur dan sistem tumpangsari.

Penanaman secara sistem monokultur atau menanam 1 jenis tumbuhan saja dalam suatu lahan,jarak tanamnya sekitar 1,5×1,5 m sedangkan sistem tumpang sari atau menanam lebih dari 1 jenis tumbuhan dalam suatu lahan, jarak 2×2 m sampai 5×5 m. Waktu yang sempurna untuk menanam yaitu pada trend hujan.

Proses penanaman:

letakkan bibit pada tengah lubang kemudian ditimbun memakai tanah galian kemudian tekan besar lengan berkuasa dan beri patok (untuk yang berasal dari biji). Dan untuk yang berasal dari tunas lakukan perlakuan yang sama hanya saja tunas ditanam agak miring. Jangan lupa kurangi jumlah daun sebelum bibit di tanam biar mengurangi penguapan dan tunas gres sanggup tumbuh.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Kayu Manis Penyedap Rasa Yang Kaya Akan Manfaat“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Kayu Manis Penyedap Rasa Yang Kaya Akan Manfaat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel