Perbedaan Kera Dan Monyet Itu Apa Sih ?

7 Perbedaan Kera Dan Monyet Yang Perlu Diketahui


Hai Sahabat………..


Pernahkah Kalian bertanya-tanya sebenarnya monyet dan monyet itu sama atau tidak? Kalau dilihat secara sepintas memang monyet dan monyet terlihat sama, mungkin kalian menganggap bahwa monyet dan monyet itu sama. Memang, Kera dan Monyet sama- sama binatang menyusui atau mammalia yang masuk dalam ordo Primata. , Tapi taukah kalian bahu-membahu monyet dan monyet mempunyai beberapa perbedaan. Berikut yakni perbedaan yang harus kau ketahui semoga tidak salah dalam menyebut keduanya.


Monyet


Monyet dalam ordo primata masuk dalam superfamili Cercopithecidae. Monyet mempunyai ukuran ekor yang cukup panjang, mempunyai kaki yang berukuran lebih panjang dari lengannya. Tapi, monyet bahagia berjalan dengan memakai kedua kaki dan lengannya tersebut (merangkak). Monyet jarang terlihat bergelantungan pada pepohonan meskipun monyet menyukai daerah tinggal di atas pepohonan. Selain itu monyet mempunyai volume atau ukuran otak yang lebih kecil dibandingkan dengan kera. Contoh monyet antara lain : bekantan, monyet ekor panjang, lutung, beruk, surili dan lainnya.


 Perbedaan Kera Dan Monyet Yang Perlu Diketahui Perbedaan Kera Dan Monyet Itu Apa Sih ?


Kera


Kera dalam ordo primata masuk dalam superfamili Hominoidea. Tidak ibarat monyet monyet tidak mempunyai ekor, monyet juga mempunyai lengan yang cukup panjang dan sering memakai lengan tersebut untuk bergelantungan pada pohon.

Kera mempunyai volume otak yang lebih besar dibanding monyet dan monyet juga bisa memakai alat bantu-bantu untuk mendapat makanannya. Kera hidup secara terestrial dan semiterestrial. Contoh monyet : Gorilla, orangutan, siamang, owa, dan lainnya.


 Perbedaan Kera Dan Monyet Yang Perlu Diketahui Perbedaan Kera Dan Monyet Itu Apa Sih ?


Perbedaan


  • Dalam ordo primata, monyet masuk dalam superfamili Hominoidea sedangkan monyet masuk dalam superfamili Cercopithecidae

  • Monyet mempunyai ekor yang panjang sedangkan monyet tidak mempunyai ekor

  • Monyet mempunyai lengan yang hampir sama bahkan lebih pendek dibandingkan kakinya Sedangkan monyet mempunyai lengan yang lebih panjang dibanding kakinya.

  • Lengan pada monyet jarang dipakai untuk bergelantungana pada cabang atau ranting pohon Sedangkan pada monyet sering menggunakannya untuk bergelantungan pada pohon

  • Monyet berjalan memakai lengan dan kakinya Sedangkan monyet bisa berjalan dengan memakai 2 kaki.

  • Ukuran atau volume otak monyet lebih kecil dibandingkan dengan kera

  • Habitat Monyet bersifat tinggal dipohon (arbotrial) Sedangkan monyet bersifat terestrial dan semiterestrial.



Demikian artikel pembahasan tentang”Perbedaan Kera Dan Monyet Itu Apa Sih ?“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Kera Dan Monyet Itu Apa Sih ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel