24 Manfaat Apel Untuk Kanker Dan Untuk Kesehatan

Kandungan Gizi Apel Dan Manfaat Apel Bagi Kesehatan 


Hai Sahabat…..Kali ini kita akan membahas manfaat dai buah Apel atau Malus domestica. Untuk lebih jelasnya, mari simak pembahasan berikut ini.


Apel atau Malus domestica adalah salah satu  jenis buah yang berasal dari genus Malus dan masuk dalam famili Rosaceae. Buah apel mempunyai buah dengan kulit berwarna merah, hijau atau kuning dan daging buahnya berwarna putih agak keras kadang juga ada yang masir. Apel pertama kali ditanam oleh orang Asia Tengah. Apel biasanya dimakan mentah-mentah tanpa diolah, kadang juga apel diolah menjadi minuman sari apel, saus apel, cuka apel,keripik apel dan masih banyak lagi lainnya.



Kandungan Gizi Apel Dan Manfaat Apel Bagi Kesehatan  24 Manfaat Apel Untuk Kanker Dan Untuk Kesehatan

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Rosales

Famili: Rosaceae

Upafamili: Maloideae atau Spiraeoideae

Bangsa: Maleae

Genus: Malus

Spesies: M. domestica


Kandungan Gizi Apel/ 100 g

Kalori (kcal) 52

Jumlah Lemak 0,2 g

Lemak jenuh 0 g

Lemak tak jenuh ganda 0,1 g

Lemak tak jenuh tunggal 0 g

Kolesterol 0 mg

Natrium 1 mg

Kalium 107 mg

Jumlah Karbohidrat 14 g

Serat pangan 2,4 g

Gula 10 g

Protein 0,3 g

Vitamin A 54 IU

Vitamin C 4,6 mg

Kalsium 6 mg

Zat besi 0,1 mg

Vitamin D 0 IU

Vitamin B6 0 mg

Vitamin B12 0 µg

Magnesium 5 mg



Selain kaya akan zat gizi, apel juga kaya manfaat dan khasiat. Berikut ini yaitu manfaat/khasiat dari buah apel.


Manfaat Apel


  • Dapat membantu kinerja usus halus

    Usus halus sangatlah berperan penting dalam sistem pencernaan insan dan apabila kita mengkonsumsi buah apel secara teratur sanggup mencegah konstipasi (kondisi dimana sulit untuk BAB secara teratur, tidak bisa tuntas, atau tidak bisa sama sekali BAB )dan gangguan pencernaan lainnya yang terjadi pada usus.

  • Dapat mengurangi risiko gangguan jalan masuk pernapasan

    Apabila kita mengkonsumsi jus apel secara rutin sanggup menekan risiko terkena penyakit pernapasan. Selain itu,ibu hamil bila rutin dalam mengkonsumsi apel juga bisa secara efektif menekan terjadinya gangguan pernapasan pada anak atu janin dalam kandungan.

  • Dapat menyehatkan rongga lisan dan gigi

    Ternyata mengkonsumsi buah apel dengan pribadi mengunyahnya maka akan merangsang produksi air liur untuk membersihkan rongga mulut. Juga kandungan zat tanin pada apel sanggup membersihkan plak yang merusak gigi dan gusi.

  • Dapat memperlihatkan pertolongan terhadap tulang

    Kandungan flavonoid (phloridzin) pada apel sangat  bermanfaat mengurangi duduk kasus osteoporosis pada perempuan sehabis monopouse (berhenti menstruasi).  Selain itu, kandungan Boron pada apel juga sanggup memperkuat tulang supaya tidak gampang keropos serta mencegah terjadinya reumatik.

  • Dapat mengkontrol kandungan gula dalam darah

    Kandungan Galacturonic acid pada apel berfungsi untuk menurunkan kinerja tubuh dalam melepaskan hormon insulin. Sehingga baik dikonsumsi bagi orang yang mempunyai riwayat diabetes.

  • Dapat mencegah dan mengobati kanker

    Senyawa triterpenoids yang terdapat  pada kulit apel ternyata diketahui bisa menghambat sel kanker yang mengakibatkan tanda-tanda kanker usus besar, tanda-tanda kanker payudara, dan penyakit lever. Selain itu, pada buah apel juga mempunyai sejumlah zat yang sanggup membantu mengurangi risiko terkena kanker.

  • Dapat menjaga kesehatan otak

    Apel juga berfungsi menjaga kesehatan otak kita alasannya apel bisa untuk melindungi sel-sel neuron sehingga sanggup mencegah terjadinya stres oksidatif dan bisa mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer.

  • Dapat mencegah penyakit parkinson

    Karena apel  merupakan salah satu buah yang mengandung serat yang cukup tinggi, apeldapat mencegah terjangkit penyakit parkinson atau penyakit yang terjadi karena degenerasi sel saraf secara sedikit demi sedikit pada otak tengah.

  • Dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

    Serat larut yang terdapat pada apel ternyata bisa mengikat lemak yang ada dalam usus. Sehingga, sanggup menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

  • Dapat menyehatkan jantung

  • Dapat mencegah kerikil empedu

  • Dapat membantu mengatasi diare dan sembelit

  • Dapat membantu detoksifikasi Hati

    Kandungan antioksidan dalam apel bisa membantu dalam mendetoksifikasi hati dari banyak sekali zat racun yang terdapat dalam tubuh.

  • Dapat mencegah katarak

  • Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau sistem imun

    Senyawa antioksidan quercetin yang terdapat dalam apel  dapat membantu meningkatkan serta memperkuat sistem imun, terutama dikala pikiran sedang stres.

  • Dapat mencegah serta meringankan wasir atau ambeien

  • Dapat membantu mengobati penyakit Asma

    Kandungan fitokimia dan polifenol dalam apel sanggup membantu tubuh memulihkan asma. Dengan meminum jus apel secara teratur sanggup menurunkan risiko terkena asma dan duduk kasus pernapasan lain.

  • Dapat membantu menurunkan berat badan

    Karena apel mengandung serat dan  kalori rendah sanggup menunda lapar sehingga berpotensi mengkremasi lemak yang ada dalam tubuh sehingga sanggup membantu mengurangi berat badan.

  • Dapat membantu mengurangi bahkan menghilangkan kantung mata

  • Dapat mengatasi kulit berminyak, berjerawat dan kendur

  • Dapat melindungi atau menjaga kulit kepala dan rambut tetap sehat



Demikian artikel pembahasan tentang”24 Manfaat Apel Untuk Kanker Dan Untuk Kesehatan“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "24 Manfaat Apel Untuk Kanker Dan Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel