6 Panduan Lengkap Cara Budidaya Terong Lalap Di Polybag Dengan Mudah

Panduan Lengkap Cara Budidaya atau Menanam Terong Lalap/ Terong Gelatik Di Polybag Dengan Mudah


Ada aneka macam jenis terong yang sering dimasak dan dikonsumsi oleh manusia. Namun, selain terung yang dimasak dahulu sebelum dikonsumsi, kita juga mengenal terong lalap atau dimakan mentah yang sering kita sebut dengan terong gelatik. Teong lalap ini memang mempunyai bentuk dan ukuran yang berbeda dengan terong sayur, umumnya terong gelatik atau terong lalap ini mempunyai bentuk bundar dan berukuran kecil. Terong gelatik ini ada terong gelatik yang berwarna hijau dan ada terong gelatik yang berwarna ungu.


Banyak orang yang menyukai terung gelatik untuk lalapan ketika makan sebab rasanya yang bagus dengan tekstur daging empuk dan renyah, jadi tak heran kalau sekarang banyak orang juga yang melaksanakan budidaya terung lalap ini baik itu dalam skala kecil maupun skala besar. Dalam melaksanakan budidaya terong tgelatik ini perlu diketahui sebab terung ini akan dipakai untuk lalapan atau dimakan pribadi maka pilihan terbaik dalam budidaya ialah melaksanakan budidaya secara organik. Nah kali ini kita akan membahas perihal cara budidaya atau menanam terong gelatik dalam Polybag.


1. Syarat Tumbuh

Terong lalap sanggup tumbuh di kawasan dataran rendah maupun dataran tinggi pada ketinggian sekitar 1 mdpl hingga 1200 mdpl dengan suhu sekitar 18°C hingga 25°C. Untuk membentuk warna buah, terong membutuhkan intensitas cahaya yang cukup. Terong sanggup tumbuh dengan baik pada jenis tanah lempung berpasir dan mengandung bubuk vulkanis dengan derajat keasaman atau pH sekitar 5-6.


2. Persiapan Bibit Terong lalap/Terong Gelatik

Bibit sanggup anda beli di toko pertanian ataupun anda sanggup melaksanakan penyemaian sendiri, caranay pilih bibit terong gelatik yang sudah renta kemudian keluarkan bijinya dan biji tersebut kemudian dijemur selama sekitar 2 hingga 3 hari hingga kering. Siapkan nampan yang telah diisi dengan sedikit bokashi yang diratakan . Selanjutnya taburkan bibit diatas nampan kemudian tutup dengan tanah dan jerami sesudah itu siram. Jika sudah tumbuh, bibit sanggup dipindahkan ke polybag tanam.


3. Persiapan Polybag atau Pot Tanam dan Media Tanam Terong Lalap

Siapkan polybag atau pot tanam yang mempunyai ukuran sedang dengan diameter sekitar 25 cm dan tinggi sekitar 30 cm. Bisa juga memakai yang lainnya menyerupai kaleng atau bejana bekas. Setelah itu siapkan media tanam berupa Bokashi atau kompos untuk menanam terong gelatik sebab pupuk kompos mengandung unsur atau zat hara yang lengkap yang sangat diharapkan untuk pertumbuhan terong gelatik, kompos tersebut ditambah dengan 2-3 sdm furadan. Media tanam yang disiapkan sanggup juga berupa adonan bokashi dan tanah dengan perbandingan 1 : 1. Silahkan pilih, kemudian masukkan media tanam tersebut dalam polybag atau pot yang telah disiapkan kemudian siram hingga berair merata.


4. Penanaman Terong Gelatik Dalam Polybag

Setelah semuanya siap, selanjutnya lakukan penanaman, bibit terong tersebut ditanam pada kedalaman sekitar 5 cm. kemudian tutup kembali dengan tanah dan padatkan serta lakukan penyiraman.


5. Perawatan Tanaman Terong Gelatik



  • Penyiraman

    Lakukan penyiraman setiap hari secara rutin pada awal tanam, dan pabila telah tumbuh dengan baik penyiraman dikurangi menjadi 2-3 hari sekali.

  • Pemupukan

    Pemupukan awal dilakukan sesudah tumbuhan berumur sekitar 10-15 hari sesudah tanam dengan memakai pupuk NPK dengan takaran 1 sdm/polybag tanam atau bisa juga memakai pupuk cair. Pupuk tersebut diberikan dengan cara menciptakan lubang dengan jarak sekitar 4 cm dari batang kemudian timbun kembali dengan tanah dan lalukan penyiraman biar pupuk cepat meresap. Pemupukan berikutnya dilakukan setiap 15 hari sekali dengan takaran diubahsuaikan dengan tinggi dan besar tanaman.

  • Penyiangan dan Pembubunan

    Penyiangan dilakukan setiap 2 ahad sekali biar gulma tidak mengganggu pertumbuhan tanaman, bersamaan dengan itu lakukan pembubunan biar akar tidak muncul kepermukaan.

  • Pemberian Ajir atau Tajuk

    Tanaman yang sudah berbuah maka akan kelihatan tidak bisa menopang buah yang tumbuh maka dari itu perlu dilakukan pemasangan ajir atau tajuk.

  • Pengendalian Hama dan Penyakit

    Hama dan penyakit yang menyerang tumbuhan terong gelatik sanggup di atasi dengan penggunaaan insektisida dan fungisida ramah lingkungan atau bisa juga memakai deterjen.


6. Pemanenan terong Gelatik

terong Gelatik sudah mulai sanggup dipanen sesudah tumbuhan berumur sekitar 2,5 bulan. Setelah pemanenan pertama pemanenan berikutnya sanggup dilakukan setiap 3-4 hari sekali.


Demikian artikel pembahasan tentang”6 Panduan Lengkap Cara Budidaya Terong Lalap Di Polybag Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "6 Panduan Lengkap Cara Budidaya Terong Lalap Di Polybag Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel