6 Panduan Lengkap Cara Ternak Ulat Kandang Untuk Pakan Burung Kicau Dengan Mudah

Panduan Lengkap Cara Ternak Ulat Kandang Untuk Pakan Burung Kicau Dengan Mudah dan Hasil Melimpah


Ulat kandang atau Lesser mealworm atau juga sering disebut dengan ulat balap yakni salah satu jenis ulat yang dipakai sebagai extra fooding atau pakan komplemen bagi burung kicau. Namun pamor ulat sangkar ini masih kalah dengan ulat hongkong, alasannya yakni jenis ulat sangkar masih gila di indera pendengaran para kicaumania. Ulat sangkar ini bergotong-royong mempunyai manfaat yang hampir sama dengan jenis ulat hongkong ibarat menambah nutrisi, menambah birahi dan stamina burung kicau.


Sebenarnya ulat sangkar merupakan larva dari kumbang Alphitobius diaperinus yang masuk dalam famili yang sama dengan ulat hongkong dan ulat jerman yaitu famili Tenebrionidae. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam ulat sangkar antara lain:



  • Protein bernafsu : 48%

  • Lemak bernafsu : 40 %

  • Kadar bubuk : 3 %

  • Ekstrak non-nitrogen : 8%

  • Air : 57%


Dengan kandungan tersebut, ulat sangkar ini layak dijadikan sebagai extra food atau pakan komplemen bagi burung kicau milik anda. Dengan melaksanakan budidaya ulat sangkar anda sanggup memperlihatkan laba yang cukup besar dengan modal yang relatif kecil, budidaya ini pun sanggup dilakukan dirumah. Bagi anda yang ingin melaksanakan budidaya ini, anda harus mengerti cara menciptakan indukan ulat kandang, cara mencari ulat kandang, cara menciptakan kepik sampai harga dan masakan ulat kandang. Berikut yakni cara ternak ulat kandang:


a. Persiapan Kandang Ternak

Sebelum melaksanakan ternak ulat sangkar ini anda harus menyiapkan tempat, kawasan yang dipakai untuk ternak ulat sangkar ini yaitu berupa kotak yang terbuat dari triplek atau papan atau sanggup juga memakai materi plastik alasannya yakni ulat sangkar ini tidak menyukai kawasan yang panas. Uluran sangkar ternak dibentuk dengan ukuran sekitar 1 meter persegi. Dalam 1 kotak anda sanggup meletakkan sekitar 1 kg kepik atau indukan.


b. Persiapan Indukan Ulat Kandang

Indukan atau kepik ulat sangkar sanggup anda beli di penjual atau peternak ualt kandang, jikalau ingin lebih ekonomis anda sanggup mencarinya dirumah.


c. Persiapan Media Untuk Tempat Bertelur Indukan

Dalam sangkar ternak yang telah disiapkan, beri media yaitu berupa polar. Polar yakni sejenis dedak yang berasal dari gandum yang telah dihaluskan atau digiling. Dalam satu kotak diberi polar sebanyak 5 kg dan diatas polar diberi sabut kelapa.


d. Pemberian Pakan Ulat Kandang

Pakan yang diberikan untuk ulat sangkar samngat sederhana, murah dan gampang didapatkan. Pakan yang diberikan yaitu berupa pepaya mentah, ubi, bengkoang dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun untuk menambah nutrisi bagi ulat sangkar biar ulat sangkar tumbuh sehat dan gemuk maka anda sanggup memperlihatkan pakan komplemen berupa konsentrat.


e. Pemisahan Indukan Ulat Kandang Dengan Telur

Setelah indukan ylat sangkar bertelur, biarkan telur menetas dan anda sanggup memisahkan indukan tersebut dengan telur yag telah menetas. Ulat sangkar yang telah berumur 10 hari sehabis menetas dipisahkan dengan cara diayak memakai ayakan. Pemisahan tersebut tdaklah sulit gunakan saja ayakan yang berukuran kecil. Setelah indukan dipisahkan dari anakan, maka indukan akan kembali bertlur.


f. Pemanenan Ulat Kandang

Ulat sangkar sanggup mulai dipanens sehabis ulat berumur 20 hari sehabis menetas. Dengan waktu yang tidak usang tersebut ada sanggup memperoleh keuntungan. Ulat yang telah anda panen sanggup anda jual ke pengepul atau ke konsumen secara langsung.


Demikian artikel pembahasan tentang”6 Panduan Lengkap Cara Ternak Ulat Kandang Untuk Pakan Burung Kicau Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "6 Panduan Lengkap Cara Ternak Ulat Kandang Untuk Pakan Burung Kicau Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel