Jeruk Bali Jadi Pergola

Ada pemandangan tak biasa ketika melintasi bilangan Joe di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Sebuah rumah berpintu pagar gerbang kayu, tampil begitu menarik karena di setiap ujung pintu gerbang tersebut bergelayutan buah jeruk bali yang ranum. Melangkah ke dalam gerbang, tajuk pohon jeruk bali itu terlihat kolam pergola dengan belasan buah jeruk.


Si empunya rumah memang menyukai buah jeruk bali. Ia menanam pohonnya pada 2008 di akrab pagar. Seiring waktu, si empunya tak menyangka ketika tanaman tumbuh besar sampai 7 meter, tajuk pohon pun melebar ke semua sisi. Khusus tajuk di depan gerbang pada karenanya dipangkas supaya tidak melebar sampai ke jalan raya.


Tanaman yang dirawat seperlunya dengan menyiramkan air cucian beras tersebut subur dan masih kokoh. Buah-buah jeruk besar itu memang tidak sebesar buah jeruk bali yang dibudidaya intensif. Buah jeruk terbesar dijumpai berukuran 3 kepalan tangan orang dewasa. Meski tidak besar, tapi penampilan jeruk-jeruk itu cukup menarik hati karena bergelayutan merata di seluruh tajuk pohon.


Belum ada Komentar untuk "Jeruk Bali Jadi Pergola"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel