Panduan Lengkap Cara Budidaya Talas Yang Baik Dan Benar

Panduan Lengkap Cara Budidaya Talas Yang Baik Dan Benar Agar Hasil Melimpah


Talas ialah salah satu tumbuhan penghasil umbi yang berasal dari suku Araceae atau talas-talasan. Tanaman dengan nama ilmiah Colocasia esculenta ini diduga berasal dari Asia Tenggara atau Asia Tengah bab selatan. Terdapat 4 macam jenis talas yaitu Talas Pandan, Talas Ketan, Talas Banteng, dan Talas Lahun Anak.



  • Talas Pandan yaitu talas yang apabila sudah direbus mempunyai bacin menyerupai pandan wangi. Talas ini mempunyai warna sedikit ungu dan pada bab pangkal pelepahnya mempunyai warna agak merah.

  • Talas Ketan yaitu talas yang agak lengket menyerupai ketan yang sudah direbus. Talas ini mempunyai warna hijau mudaq dan sering menciptakan anakan sangat banyak. Talas ketan ini juga dikenal dengan nama talas bogor atau talas lambao.

  • Talas Banteng yaitu talas yang mempunyai ukuran umbi yang besar namun rasanya tidak enak. Talas ini mempunyai tangkai berwarna ungu.

  • Talas lahun anakan yaitu talas yang mempunyai banyak anakan namun ukurannya kecil-kecil.


Cara Budidaya Talas


a. Syarat Tumbuh

Talas sanggup tumbuh pada tempat yang mempunyai ketinggian sampai 1000 mdpl dengan suhu sekitar 21°C sampai 27°C dan curah hujan sekitar 1000 mm/tahun. Lahan yang dipakai untuk budidaya talas sebaiknya memperoleh sinar matahari yang penuh alasannya yaitu tumbuhan talas sangat membutuhkannya.


Talas sanggup tumbuh di banyak sekali jenis tanah namun tanah yang baik yaitu tanah yang banyak mengandung humus dan air yang cukup dengan pH atau derajat keasaman tanah sekitar 5,5 sampai 5,6.


b. Pengolahan Lahan Tanam

Tanah pada lahan tanam yang akan dipakai untuk budidaya talas di gemburkan terlebih dahulu dengan cara dicangkul atau di bajak dengan kedalaman sekitar 20 cm sampai 30 cm. Selauin bertujuan untuk menggemburkan tanah, hal tersebut dilakukan untuk menyingkirkan gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya yang mengganggu tanaman. Setelah itu diamkan lahan selama sekitar 3 hari. Kemudian tanah diratakan kembali dan dibuatlah bedengan dengan ketinggian sekitar 20 cm.


c. Pembibitan Talas

Ada 2 cara pembibitan yang sanggup dilakukan yaitu dengan memakai tunas dan juga memakai umbi.

Tunas untk bibit diambil dari talas yang telah berumur sekitar 5 sampai 7 bulan yaitu tunas yang ke-2 dan ke-3. Apabila pembibitan dilakukan dengan memakai umbi maka sebaiknya pilih umbi yang tumbuh bersahabat dfengan titik tumbuh. Kemudian potong-potong dan tinggalkan satu mata bakal tunas. Umbi yang telah dipotong-potong lalu dianginkan terlebih dahulu dan waktu disemaikan lapisan bab dalam irisaan dilapisi abu. Setelah bibit mempunyai 2-3 helai daun maka bibit sanggup dipindah tanamkan ke lahan tanam.


d. Penanaman Talas

Setelah semuanya siap, segera lakukan penanaman. Pada bedengan, buatlah lubang tanam sedalam 30 cm dan beri jarak sekitar 75 x 75 cm dan lakukan penanaman.


e. Pemeliharaan Tanaman Talas



  • Pemupukan

    Lakukann pemupukan dengan memakai pupuk kompos ataupun pupuk sangkar yang telah matang. Selain memakai pupuk tersebut, pemupukan sanggup juga dilakukan dengan memakai pupuk kimia menyerupai pupuk NPK, Urea, KCl dan SP-36. Apabila melaksanakan pemupukan dengan memakai pupuk kimia, pemupukan terwsebut dilakukan sehabis tumbuhan berumur sekitar 3 bulan sampai 4 bulan. Cara tunjangan pupuk tersebut yaitu dengan cara ditugal sedalam 4cm-5cm dan berjarak 5 cm dari pangkal tanaman.

  • Penyiraman

    Lakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari, apalagi pada animo kemarau.

  • Penyulaman

    Lakukan penyulaman pada tumbuhan yang tumbuh tidak optimal ataupun yang mati dan ganti dengan tumbuhan yang baru. Penyulaman ini baik dilakukan sebelum tumbuhan berumur 15 hari sehabis tanam.


f. Pemanenan Talas

Talas sudah sanggup dipanen sehabis berumur sekitar 6 sampai 9 bulan, Namun ada juga yang sanggup dipanen sehabis berumur 4 bulan bahkan ada yang sanggup dipanen sehabis berumur 4-5 bulan.

Pemanenan talas dilakukan dengan cara menggali umbi dan mencabut pohonnya lalu potong pelepahnya sepanjang 20-30 cm dari pangkal umbi. Lalu bersihkan umbi talas tersebut.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Talas Yang Baik Dan Benar“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa



 



Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Talas Yang Baik Dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel