Panduan Lengkap Cara Menanam Kangkung Darat atau Kangkung Cabut Dengan Mudah

Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Kangkung Darat (Ipomoea Reptans) atau Kangkung Cabut Dengan Mudah dan Hasil Melimpah  


Kangkung adalah jenis sayuran dan ditanam sebagai materi makanan.Kangkung banyak terdapat di daerah Asia yang sanggup dijumpai di hampir di semua daerah terutama di daerah berair. Ada 2 jenis kangkung yaitu Kangkung darat (Ipomoea Reptans) atau sering disebut dengan Kangkung Cabut dan Kangkung Air (Ipomoea Aquatica). Kangkung darat (Ipomoea Reptans) mempunyai warna hijau terperinci dengan ujung daun yang runcing. Warna bunga kangkung darat putih. Sedangkan kangkung air (Ipomoea Aquatica) mempunyai daun berwarna hijau agak gelap dengan ujung membulat atau lebih tumpul sehingga terlihat lebih lebar. Warna bunga kangkung air cenderung ungu. Selain perbedaan fisik, kebiasaan cara memanen dua jenis kangkung ini berbeda kangkung darat di panen dengan cara dicabut, sedangkan kangkung air dipanen dengan cara dipotong. Nah kali ini kita akan membahas ihwal cara menanam budidaya kangkung cabut atau kangkung darat, berikut yaitu cara lengkapnya:


a. Persiapan Bibit Kangkung Cabut atau Kangkung Darat

Benih kangkung cabut yang akan dijadikan bibit haruslah terbebas dari hama dan penyakit, mempunyai daya tumbuh sekitar 95%. Benih tersebut sanggup anda beli di toko pertanian.


b. Persiapan Lahan Tanam Kangkung Cabut atau Kangkung Darat

Lahan yang akan dipakai untuk menanam kangkung darat atau kangkung cabut di gemburkan terlebih dahulu dengan cara dicangkul atau dibajak. Selanjutnya buatlah bedengan dengan ukuran lebar sekitar 1 meter dengan panjang disesuaian dengan panjang lahan tanam, antar bedengan diberi jarak sekitar 40 cm untuk drainase. Jika sudah jadi, lakukan pemupukan dasar dengan memakai pupuk sangkar berupa kotoran ayam yang ceat terurai. Untuk satu hektar lahan tanam diharapkan sekitar 10 ton kotoran ayam. Setelah itu diamkan lahan tanam selama sekitar 3 ahad semoga pupuk tersebut cepat terurai.


c. Penanaman Kangkung Darat atau Kangkung Cabut

Terdapat 2 cara penanaman kangkung cabut ini yaitu dengan cara disebar atau dengan cara ditugal. Kedua sistem tanam tersebut mempunyai perbandingan yaitu:



  • Penanaman dengan cara disebar

    Lebih cepat dan tidak membutuhkan biaya tenaga kerja yang banyak

    Penggunaan benih lebih boros alasannya yaitu dalam 1 hektar lahan sanggup menghabiskan sekitar 5 kg-10 kg benih.

    Membutuhkan tenaga kerja yang terampil untuk menebar benih semoga lebih merata

    Sulit mendapat kepadatan populasi tanaman.

  • Penanaman dengan cara ditugal

    Dapat mengatur jarak tanam sehingga sanggup mengetahui populasi tanam.

    Biasanya jarak tanam yang dipakai yaitu sekitar 5 cm x 10 cm.

    Membutuhkan tenaga kerja dan biaya yang lebih banyak.


d. Pemupukan Kangkung Darat atau Kangkung Cabut

Kangkung darat atau kangkung cabut ini tidak memerlukan pemupukan susulan, namun apabila daun tumbuhan kangkung berubah warna dari hijau pucat atau pudar maka lakukan pemupukan sesulan dengan memakai pupuk sangkar berupa kotoran ayam sama ibarat pemupukan dasar.

Dalam setiap lubang tanam di isi sekitar 2-3 benih.


e. Penyiraman Tanaman Kangkung Darat atau Kangkung Cabut

Kangkung darat atau Kangkung cabut ini membutuhkan banyak air, maka lakukan penyiraman secara rutin sebanyak 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari apabila pada ekspresi dominan kemarau. Namun apabila pada ekspresi dominan penghujan pastikan air tidak menggenang pada lahan tanam kangkung alasannya yaitu sanggup menyebabkan kangkung terjangkit penyakit amis akar.


f. Pemanenan Kangkung Darat atau Kangkung cabut

Jika perawatan dilakukan secara optimal maka sehabis berumur sekitar 30 hari – 45 hari semenjak benih kangkung sudah sanggup dipanen. Sesuai dengan namanya kangkung ini dpanen dengan cara mencabutnya sampai bab akar. Setelah panen kangkung dibersihkan dari kotoran yang melekat pada kangkung dengan cara dicuci di air mengalir dan siap dijual kepada konsumen.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Menaman Kangkung Darat atau Kangkung Cabut Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menanam Kangkung Darat atau Kangkung Cabut Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel