Budidaya Ternak Ayam Kate Yang Benar dan Mudah Bagi Pemula

Cara Budidaya Ternak Ayam Kate Dan Cara Memelihara Ayam Kate Yang Benar dan Praktis Bagi Pemula Ayam kate atau ayam katai ini merupakan jenis ayam hias yang pertama kali ditemukan oleh pedagang Eropa pada sekitar tahun 1700-an di pelabuhan pulau jawa berjulukan bantam (Banten).


Karena bentuknya yang mini dan juga lucu, ayan kate lebih banyak dipakai sebagai ayam hias bukan ayam pedaging ataupun ayam petelur. Namun sekarang populasi ayam kate sudah sangat kecil sebab semenjak pertama kali ditemukan, ayam kate sudah banyak mengalami persilangan. Salah satu hasil persilangan ayam kate terakhir ialah ayam serama.


Kini mulai banyak orang yang melaksanakan ternak ayam kate ini, walaupun berukuran kecil ayam ini sanggup mencapai harga sekitar 200 ribu per ekor dan apabila masih anakan yang berumur 1-4 bulan harganya sanggup mencapai 30-60 ribu. Dengan harga yang cukup tinggi tak heran banyak orang tergiur untuk melaksanakan ternak atau budidaya ayam kate ini untuk di jadikan sebagai perjuangan mereka. Berikut ialah cara budidaya ayam kate atau ternak ayam kate :


1. Pemilihan Indukan Ayam Kate

Memilih indukan sangatlah penting sebab akan memilih hasil ternak. Pilihlah indukan yang sehat dan bebas dari penyakit. Selain itu berikut ialah syarat indukan yang baik :



  • Untuk indukan jantan pilihlah jantan yang gagah dengan dada tegak dan kepala hamppir menyentuh bulu ekor, mempunyai tingkah yang aktif, jengger pada kepala berwarna merah cerah, bulunya mengkilat dan bersih.

  • Untuk ayam betina pilihlah betina yang berusia sekitar 5 sampai 6 bulan supaya masa produksi telur sanggup lebih usang dan pilih ayam kate jantan yang telah berumur sekitar 8 bulan sampai 1 tahun supaya sperma yang diberikan lebi manis dan keturunannya berkualitas. Pilihlah ayam yang mempunyai postur badan bundar gemuk sebab berarti ayam siap betelur.


2. Membuat Kandang Ternak Ayam Kate

Kandang untuk ternak ayam kate sanggup anda buat dengan memakai kayu dan bambu atau yang lainnya. Kandang ternak tersebut dibentuk dengan ukuran tinggi sekitar 1 meter supaya sanggup dibagi 50 x 50 dan untuk luas sangkar sanggup diubahsuaikan dengan harapan anda.


3. Pemeliharaan dan Pemberian Pakan Ayam Kate

Dalam sangkar yang telah disiapkan, beri daerah pakan dan juga daerah minum. serain itu sangkar diberi sarang untuk meletakkan telur jikalau ayam kate bertelur. Sarang tersebut sanggup dibentuk dari jerami padi yang dibulatkan . Jika ayam sedang dalam masa bertelur jangan biarkan sangkar lembab sebab sanggup berakibat ayam menjadi stres dan telur yang dihasilkan tidak jadi anakan.


Pakan yang diberikan untuk ayam kate sama halnya dengan pakan yang diberikan pada ayam bangkok ataupun ayam jawa, pakan yang diberikan sanggup berupa kekatul, jagung, konsentrat dan juga pakan perhiasan berupa biji-bijian menyerupai beras merah atau putih atau juga padi. Pemberian pakan tersebut dilakukan sebanyak 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari.


4. Pemanenan Ayam Kate

Ayam kate akan menetas sehabis sekitar 21-23 hari pengeraman. Ayam kate sanggup anda panen dan anda jual sehabis berumur sekitar 1 bulan sehabis menetas.


Demikian artikel pembahasan tentang”Budidaya Ternak Ayam Kate Yang Benar dan Praktis Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Budidaya Ternak Ayam Kate Yang Benar dan Mudah Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel