Panduan Lengkap Cara Menanam Basil atau Selasih Dari Stek Batang Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Menanam Basil atau Selasih Dari Stek Batang Bagi Pemula – Basil (Ocimum basilicum) merupakan sejenis tumbuhan kuno yang dibudidayakan di mesir kurang lebih semenjak 3000 tahun yang lalu. Di Indonesia, tumbuhan bakteri juga dikenal dengan tumbuhan selasih. Di beberapa tempat di Indonesia, bakteri dikenal dengan sebutan solasih (Sunda), selaseh (Melayu), telasih (Jawa), amping (Minahasa/Sulawesi), luluru/ruku-ruku (Sulawesi). Sedangkan ruku-ruku atau lampes bekerjsama lebih mengarah ke kultivar holy basil.


Kata Basil berasal dari bahasa Yunani yang berarti Raja. Di Indonesia, basil/selasih disamakan dengan tumbuhan kemangi, padahal keduanya berbeda tapi masih berkerabat. Kemangi merupakan anggota keluarga bakteri yang berbau mirip lemon atau sering disebut dengan lemon basil. Tapi tidak semua bakteri yaitu kemangi, ada yang berupa holy basil, bakteri sweet genovese dan banyak lagi kultivar dan spesies genus ocimum.


Orang Eropa secara tradisional mengenal O. basilicum (basil atau sweet basil) sebagai rempah yang diwariskan dari tradisi Yunani Kuno. Di India, selasih yang paling dikenal yaitu tlasi atau tulasi (holy basil, O. tenuiflorum syn. O. sanctum). Di Thailand dan negara lain setempat selasih dikenal dengan horapa (Thai basil, O. basilicum convar. Thyrsiflorum) dan manglak (Thai lemon basil, O. ×citriodorum).


Basil banyak dimanfaatkan untuk menciptakan minyak atsiri, untuk penyedap masakan (beberapa masakan Italia dan Perancis), dipakai dalam minuman, sebagai materi aroma terapi, sebagai materi parfum dan kosmetik, tumbuhan obat dan sebagai pengusir nyamuk.


Morfologi Tanaman Basil atau Selasih


Pohon bakteri sanggup tumbuh maksimal dengan ketinggian 30 cm, tapi ada beberapa jenis bakteri yang sanggup tumbuh dengan ketinggian 100 cm. Tanaman bakteri mempunyai banyak cabang dengan warna hijau sampai ungu dan tampak berbulu jikalau masih muda.


Daun bakteri ada yang berwarna hijau ataupun ungu, permukaan daun halus ataupun sedikit berbulu, tumbuh tunggal berhadapan dengan bentuk mirip bentuk lingkaran telur atau elips, tepi daun bergerigi dan runcing pada bab ujung. Panjang daun bakteri sekitar 5-7,5 cm dan lebar sekitar 1,5-2,5 cm.


Tanaman bakteri juga mempunyai bunga berwarna putih keunguan, bersifat beragam dan berbulu pada bab luarnya. Dari bunga tersebut kemudian akan muncul biji bakteri atau biji selasih. Buah bakteri atau biji selasih tersebut mempunyai cangkang berukuran 1-2 mm dengan warna hitam sampai cokelat tua. Bentuk biji selasih kecil mirip dengan biji wijen namun jikalau direndam akan terlihat selaput putih membungkus biji selasih tersebut.


Cara Menanam Basil Dari Stek Batang


Persiapan Bibit Basil atau Selasih dari Stek Batang


Cara perbanyakan bibit selasih atau bakteri melalui stek batang dilakukan dengan memotong batang yang cukup besar dan kuat, kemudian masukkan ke toples atau wadah lain yang berisi air dan letakkan ditempat yang teduh, biasanya pada hari keempat akar akan muncul dan sanggup dipindahtanamkan.


Penanaman Tanaman Basil atau Selasih dari Stek Batang


Jika bibit stek batang selasih/basih sudah mempunyai banyak akar, selanjutnya pindah tanamkan ke pot/polybag tanam yang telah berisi media tanam berupa adonan tanah, sekam dan pupuk kandang/pupuk kompos dengan perbandingan 1:1:1.


Cara Merawat dan Panen Tanaman Basil atau Biji Selasih


Agar tumbuhan basil/selasih tumbuh dengan baik lakukan penyiraman dan sumbangan sinar matahari secara rutin, selain itu lakukan pula sumbangan pupuk cair dengan dosis standar 1:1.


Jika tumbuhan bakteri sudah setinggi 25 cm, bakteri atau selasih sudah sanggup dipanen. Pilih daun yang sudah besar untuk dipetik. Daun dipetik di bab ujung tangkai. Setelah dipanen, tetap lakukan perawatan biar tumbuhan sanggup bertahan dan pucuk daun terus tumbuh.


Agar daun cepat tumbuh dan rimbun, ketika mulai berbunga, sebaiknya bunga dipotong biar nutrisi yang diperlukan hanya tertuju pada daun, namun apabila ingin mengambil biji selasih maka bunga tetap dipertahankan sampai muncul biji gres dari bunga.


Demikian artikel pembahasan wacana “Panduan Lengkap Cara Menanam Basil atau Selasih Dari Stek Batang Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menanam Basil atau Selasih Dari Stek Batang Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel