Cara Budidaya Ikan Angel Fish (Manfish) atau Ikan Bidadari Bagi Pemula

Cara Budidaya Ikan Angel Fish (Manfish) atau Ikan Bidadari Bagi Pemula – Ikan Angel Fish atau Manfish yaitu jenis ikan hias yang berasal dari Amerika serikat, namun ikan angel fish atau ikan bidadari ini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Ikan ini disebut dengan ikan bidadari sebab ikan ini mempunyai bentuk dan warna yang menarik dan mempunyai gerakan yang tenang. Karena hal tersebutlah orag banyak membudidayakan ikan ini, selain itu harganya yang cukup mahal menciptakan orang tertarik untuk melaksanakan budidaya ikan ini.


Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Animalia

Divisi: Chordata

Kelas: Actinopterygii

Ordo: Perciformes

Famili: Cichlidae

Genus: Pterophyllum

Spesies: P. scalare


Jika anda ingin melaksanakan budidaya ikan bidadari ini, anda tidak memerlukan biaya yang besar dan juga daerah yang luas sebab budidaya ikan ini sanggup dilakukan dengan memakai akuarium atau paso tanah. Berikut adalah cara budidaya ikan manfish, angelfish atau ikan bidadari:


1. Membedakan Jantan dan Betina Ikan Angelfish

Sebelum melaksanakan budidaya anda harus sanggup membedakan antara Jantan dan betina ikan bidadari ini, berikut yaitu cara membedakannya:

Jantan:

Memiliki ukuran yang relatif lebih besar dibanding betina pada usia yang sama

Bentuk badannya pipih atau ramping

Bentuk kepalanya agak besar

Mulut ke sirip punggung cembung.


Betina

Memiliki ukuran yang relatif lebih kecil dibanding dengan jantan

Bentuk perutnya besar atau menonjol

Bentuk kepalanya lebih kecil

Mulut ke sirip membentuk garis lurus terkadanf menonjol sedikit.


2. Memilih Indukan Angelfish

Ikan yang akan dipijahkan yaitu ikan yang berumur sekitar 6 bulan dengan ukuran panjang sekitar 7,5 cm untuk jantan dan sekitar 5 cm untuk betina.


Indukan yang sudah matang gonad, selanjutnya dimasukkan dalam satu kolam berukuran sekitar 2×2 m2 dan diisi air dengan ketinggian sekitar 30 cm. Para calon indukan tersebut akan menentukan pasangan masing-masing. Jika berpasangan maka ikan tersebut akan memisahkan diri dari kelompok. Ikan yang sudah berpasangan dipisahkan ke kolam pemijahan.


3. Pemijahan Ikan Angelfish

Tempat yang dipakai untuk pemijahan sanggup berupa akuarium, kolam atau paso tanah. Kemudian daerah tersebut diisi air setinggi 30-60 cm yang sudah diendapkan terlebih dahulu. Siapkan substrat sanggup dari daun pisang, seng plastik, atau genting dengan ukuran lebar sekitar 10 cm dan panjang sekitar 20 cm. Substrat tersebut diletakkan dalam daerah pemijahan dengan posisi miring atau terlentang. Setelah siap, Indukan dimasukkan dalam kolam pemijahan. Sebelum melaksanakan pemijahan, jantan akan membersihkan substrat dengan mulutnya. Setelah pemijahan telur akan melekat pada substrat. Selama pemijahan indukan diberi pakan berupa kutu air dan encuk. Biasany sekali pemijahan dihasilkan sebanyak 2000-3000 telur.


4. Pemeliharaan Benih Ikan Angelfish

Setelah pemijahan, substrat yang berisi telur diangkat dan dimasukkan dalam akuarium penetasan. Namun dikala pengangkatan substrat usahakan telur tetap terendam air, sanggup memakai ember atau wadah lainnya yang dimasukkan dalam kolam pemijahan. Selain itu, penetasan telur tetap sanggup dilakukan di kolam pemijahan, sehabis menetas sekitar 2-3 hari benih akan tetap melekat pada substrat sanggup dipindahkan ke akuarium dengan cara yang sama.


Akuarium yang dipakai untuk penetasan atau pemeliharaan benih diisi air yang sudah diendapkan dengan ketinggian sekitar 10 cm, untuk menghindari serangan jamur beri methylen blue dalam air. Selain itu pasang pompa udara.


Benih yang masih melekat pada substrat tidak perlu diberi pakan, sehabis lepas pada usia 3-4 haru sanggup diberi pakan berupa rotifera atau kutu air yang disaring sampai berumur 5-7 hari. Setelah berumur 1 ahad sanggup diberi pakan berupa kutu air tanpa saring dan cacing rambut.


5. Pembesaran Angelfish

Setelah berumur 1,5 bulan, ikan sanggup dipindahkan ke kolam pembesaran yang sanggup berupa kolam tembok berukuran sekitar 1,5 meter x 2 meter persegi dan diisi air setinggi 15-20 cm dengan kepadatan tebar sekitar 1000 ekor. Lakukan penjarangan setiap 2 ahad sekali dengan membagi 2 sampai dalam setiap kolam berisi 100 ekor ikan saja.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Ikan Angel Fish (Manfish) atau Ikan Bidadari Bagi Pemula“, agar bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Ikan Angel Fish (Manfish) atau Ikan Bidadari Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel