Cara Mudah Budidaya Pembenihan Ikan Komet Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Mudah Budidaya Pembenihan Ikan Komet Bagi Pemula  Ikan Komet atau Carssius auratus-auratus merupakan salah satu jenis ikan hias yang banyak dibudidayakan ataupun hanya sekedar dipelihara. Ikan Komet ini banyak disukai oleh para pecinta ikan hias alasannya ialah ikan ini mempunyai bentuk yang variatif dengan contoh dan warna yang unik.


Ikan Komet hampir sama dengan ikan koki alasannya ialah mereka berasal dari famili yang sama yaitu Cyprinidae. Namun, ikan komet mempunyai badan yang sedikit memanjang dan tegak pipih, mulutnya terletak di ujung sehingga gampang untuk disembulkan. Ikan komet mempunyai gigi yang tersusun dari 3 gigi kerongkongan dan satu gigi geraham. Hampir seluruh bab badan ikan komet dipenuhi dengan sisik, sirip punggung ikan komet bersebrangan dengan letak sirip perut.


Bagi anda yang ingin melaksanakan budidaya ikan ini, anda harus mengetahui cara pembenihan ikan komet ini. Berikut ialah cara pembenihan ikan komet:


1. Pemilihan Indukan Ikan Komet

Indukan yang akan dipijahkan ialah indukan yang telah matang gonad. Ciri ikan komet yang telah matang gonat yaitu:


Ikan Komet Jantan



  • Pada bab sirip dada terdapat bintik-bintik bundar menonjol dan apabila diraba terasa kasar.

  • Apabila perut diurut pelan ke arah lubang genital akan keluar cairan berwarna putih.


Ikan Komet Betina



  • Pada bab sirip dada terdapat bintik-bintik dan apabila diraba terasa halus.

  • Perutnya terasa lembek dan lubang genital kemerahan merahan, apabila perut diurut akan keluar cairan kuning bening.


Selain hal tersebut, apabila telah matang gonad biasanya keduanya akan berkejar-kejaran, ikan jantan akan mengejar-mengar ikan betina.


2. Pemijahan Ikan Komet

Pada habitat aslinya, ikan komet sanggup melaksanakan pemijahan secara alami. Pemijahan ikan komet ini biasanya terjadi pada awal animo hujan alasannya ialah unsur anyir tanah merangsang terjadinya pemijahan.


Kolam yang dipakai untuk pemijahan sanggup memakai akuarium yang mempunyai ukuran minimal sekitar 60 cm x 40 cm x 40 cm. Masukan air dalam akuarium dengan ketinggian sekitar 30 cm namun air tersebut telah diamkan atau diendapkan selama sekitar 24 jam. Pada akuarium diberi substrat tumbuhan air atau tumbuhan mengapung menyerupai enceng gondok. Biasanya pemijahan akan terjadi pada dikala tengah malam fajar berakhir.


Ikan Komet yang akan dipijahkan yaitu 1 jantan : 2 betina. Telur hasil pemijahan biasanya akan melekat di substrat.


3. Penetasan Telur Ikan Komet

Biarkan telur-telur tetap berada di substrat dalam bak pemijahan sampai telur-telur tersebut menetas yaitu sesudah 2-3 hari sesudah pemijahan. Namun, lakukan pergantian air bak secara sedikit demi sedikit dan pastikan  suhu bak tetap terjaga yaitu sekitar 27-29 derajat celcius.


4. Pemeliharaan Larva Ikan Komet

Setelah telur menjadi larva, sampai berumur 2-4 hari larva tidak perlu di beri pakan alasannya ialah larva masih mempunyai cadangan masakan berupa kuning telur. Setelah itu ikan komet sanggup di beri pakan berupa kutu air daphnia dan moina. Selain pakan tersebut ikan komet sanggup mencari pakan alami yang ada dalam bak menyerupai zooplankton.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Mudah Budidaya Pembenihan Ikan Komet Bagi Pemula“, biar bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Budidaya Pembenihan Ikan Komet Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel