Panduan Cara Mudah Menanam Jeruk Purut Di Pot

Panduan Cara Praktis Menanam Jeruk Purut Di Pot Jeruk Purut atau Citrus × hystrix yakni salah satu jenis jeruk yang berasal dari sub genus Papeda. Tanaman jeruk prut ini mempunyai pohon yang perdu dengan ranting berduri, daunnya mempunyai bentuk khas yaitu ibarat dua helai daun yang tersusun vertikal lantaran pelekukan tepi yang ekstrem , tebal dan berpermukaan licin agak berlapis malam.Buah jeruk purut biasanya berdiameter < 2cm, bentuknya bundar dengan permukaan kulit buah berangasan lantaran terdapat tonjolan-tonjolan, kulit buahnya tebal.


Jeruk purut mempunyai banyak sebutan diantaranya kaffir lime (untuk perdagangan internasional), truc (vietnam), ma kruut (thailand) dan masih banyak lagi.


Jeruk purut banyak dipakai sebagai  bahan pelengkap masakan, penghilang amis, dan materi pelengkap wewangian. Karena kegunaan tersebut orang sekarang banyak yang menanamnya dipekarangan rumahnya baik dengan memakai pot ataupun tidak memakai pot. Kali ini kita akan membahas cara menanam jeruk purut dlam pot. Berikut yakni cara menanam jeruk purut dalam pot:


Alat dan Bahan :



  • Biji jeruk purut

  • Gelas air mineral

  • Kapas

  • Pot ukuran besar

  • Tanah

  • Pupuk kompos

  • Pupuk kandang

  • Pasir

  • Air


Langkah-langkah  Menanam Jeruk Purut Dalam Pot:


1. Pembibitan Jeruk Purut

Lakukan penyemaian biji jeruk purut  dalam gelas air mineral yang telah berisi kapas basah. Dalam setiap gelas, anda sanggup mengisi sampai 3 biji sekaligus. Letakkan gelas penyemaian ini di pinggir jendela semoga mendapat sinar matahari yang cukup.


2. Penanaman Bibit Jeruk Purut Dalam Pot

Setelah seminggu, biji-biji tersebut sudah mulai berkecambah. Bibit tersebut lalu sanggup anda pindah tanamkan ke dalam pot yang sudah berisi media tanam.

Media tanam yang dipakai untuk menanam tumbuhan jeruk purut yakni tanah gembur dan agak berpasir serta mengandung cukup air. Media tanam yang dipakai yaitu gabungan tanah, pasir, dan pupuk kompos dengan perbandingan 2:2:1.


3. Perawatan Tanaman Jeruk Purut

Pada awal penanaman, pot diletakkan di daerah yang mendapat sinar matahari cukup. Lakukan penyiraman secara teratur semoga media tanam tidak menjadi kering. Lakukan pula pemupukan dengan memakai pupuk kandang, pemupukan tersebut dilakukan minimal dua ahad sekali.


Setelah tumbuhan telah mencapai ketinggian sekitar 60 cm, maka dilakukan pemangkasan. Pemangkasan dilakukan dengan memotong kepingan ranting yang tumbuh kurang normal dan terkena penyakit.


Selain itu, jikalau tumbuhan sudah berbunga usahakan pot di letakkan pada daerah yang  tidak terkena angin cukup kencang. Karena angin akan menjadikan bunga tumbuhan beterbangan atau rontok dan karenanya akan menggagalkan tumbuhnya buah.


Setelah tumbuhan sudah mulai berbuah dengan diameter 1 cm, dilakukan penjarangan semoga pertumbuhan buah sanggup lebih banyak. Penjarangan dilakukan pada ranting yang tidak mempunyai bakal buah.


4. Pemanenan  Jeruk Purut

Buah yang telah berukuran besar sebaiknya segera dipetik semoga tidak membusuk yang disebabkan oleh hama dan penyakit.


Agar tumbuhan jeruk purut tetap tumbuh normal, sesudah pemanenan dilakukan, Lakukan peremejaan kembali padatumbuhan jeruk purut dengan cara melaksanakan pemangkasan.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Cara Praktis Menanam Jeruk Purut Di Pot“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Cara Mudah Menanam Jeruk Purut Di Pot"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel