Panduan Lengkap Cara Menanam/Budidaya Blueberry Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Menanam/Budidaya Blueberry Bagi Pemula


Blueberry yakni nama buah dari salah satu tumbuhan yang masih termasuk dalam keluarga Vaccinium dan mempunyai nama sub keluarga lebih spesifik yaitu Cyannococcus, berasal dari Amerika Utara dan sanggup tumbuh di area sub tropis.


Meskipun sama-sama mempunyai rasa buah yang manis, untuk membedakan antara blackberry dan Billberry atau Huckleberry hanya dengan tekstur daging buahnya saja, buah Blueberry masak berdaging putih atau kehijauan sedangkan Billberry atau Huckleberry daging buahnya berwarna ungu. Perbedaan lainnya yaitu buah blueberrry muncul dalam kelompok (cluster) sedangkan billberry hanya mempunyai satu buah pada setiap tangkainya.


Buah blueberry mempunyai ukuran sekitar 5-16 mm dan bentuk buah yang bundar mempunyai mahkota diujung buahnya.


Meskipun tumbuhan blueberry berasla dari dari Amerika Utara, dikala ini tumbuhan ini sudah banyak dibudidayakan menyerupai di Australia, New Zealand dan negara-negara Amerika Selatan. Negara cuilan Maine, Amerika Serikat merupakan produsen Blueberry terbesar di dunia.


Berdasarkan penelitian terakhir pada Blueberry, kandungan antioxidant polyphenol dan anthocyanin yang kaya bisa mencegah perkembangan kanker, jantung koroner dan stroke.


Karena manfaatnya, banyak orang yang mencoba untuk melaksanakan budidaya blueberry ini, bagi anda yang ingin tau bagaimana cara menanam blueberry atau cara budidaya blueberry berikut klarifikasi selengkapnya:


a. Syarat Tumbuh

Lahan yang dipakai untuk budidaya sebaiknya terkena sinar matahari secara penuh dan tanah pada lahan mempunyai sistem drainase yang baik. Tanaman blueberry akan tumbuh dengan baik pada tanah yang mempunyai pH sekitar 4,5-4,8. Jika pH tanah terlalu asam, sanggup dilakukan pengapuran dengan memakai kapur dolomit sesuai dengan kebutuhan. Untuk melaksanakan pengecekan pH tanah sanggup dilakukan setiap satu tahun sekali.


b. Penyerbukan Blueberry

Tanaman Blueberry mempunyai bunga jantan dan betina dalam satu pohon jadi tidak ada duduk kasus dalam proses penyerbukan. Namun jikalau dalam satu lahan terdapat beberapa varietas blueberry anda sanggup melaksanakan penyerrbukan silang untuk menghasilkan blueberry dengan varietas blueberry yang gres yang lebih baik.


c. Penananam Blueberry

Karena blueberry mempunyai perakaran yang rapat dan melebar maka lunbang tanam yang dibentuk lebar dengan kedalaman lubang sanggup diadaptasi dengan tinggi media tanam dikala tumbuhan diperoleh dari nusery kawasan pembibitan tumbuhan blueberry.


Campurkan tanah subur yang kaya akan materi organik dengan peat moss atau tanah gambut yang berasal dari tumbuhan lumut-lumutan dengan perbandingan 50:50. Jarak tanam ideal yang dipakai untuk menanam blueberry yaitu sekitar 1,8m-3m.


d. Pemberian Mulsa

Beri mulsa jerami diatas permukaan lunbang tanam setebal 10 cm – 15 cm biar kelembaban tanah tetap terjaga dan pertumbuhan gulma sanggup dikendalikan.


e. Pengairan

Pemberian air dilakukan secara teratur afgar tanah tetap lembab namun jangan terlalu sampai tanah jenuh air.


f. Pemupukan

Pemupukkan sanggup dilakukan dua kali selama masa pertumbuhan dengan takaran sebanyak 2 ons NPK 12-4-8 dengan jarak sekitar 30 cm melingkar dari pangkal batang. 1 ons ammonia sulfate sanggup diberikan jikalau tumbuhan terlihat menguning.


Pemupukan lanjutan yang diberikan pada tumbuhan perlu diadaptasi dengan pertumbuhan ruas daun. Pada tahapan munculnya tunas daun kedua dan ketiga pemupukan NPK 12-4-8 sanggup diberikan sebanyak 4 ons. Pada fase kemunculan daun ke 4, 5, 6 dan seterusnya, pupuk diberikan dengan takaran masing-masing 6 ons, 8 ons, dan 10 ons.


g. Perlindungan dari Hama

Setelah muncul buah, sebaiknya buah pribadi di lindungi atau dibungkus mengggunakan jaring nylon biar buah tidak dimakan oleh hama burung.


h. Pemanenan Blueberry

Untuk mendapat Blueberry yang berkualitas baik, pemanenan buah dilakukan pada 4 – 6 hari sesudah buah berubah seluruhnya menjadi biru.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam/Budidaya Blueberry Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menanam/Budidaya Blueberry Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel