Paria Jadi Tanaman Pergola

Terik sinar matahari acapkali menciptakan teras rumah menjadi panas sehingga kurang nyaman bil Paria Kaprikornus Tanaman PergolaTerik sinar matahari acapkali menciptakan teras rumah menjadi panas sehingga kurang nyaman jikalau kebetulan digunakan untuk duduk-duduk. Itu yang menciptakan seorang pehobi tumbuhan di Bandung, Jawa Barat membikin pergola di depan teras rumah. Namun jenis tumbuhan yang dipakai, bukan tumbuhan hias umum untuk pergola. Ia menyebabkan sayuran buah, paria Momordica charantia yang merambat sebagai pergola.


Si empunya rumah tersebut menciptakan bidang rangka berukuran 3 m x 1,5 m. Pada jarak setiap 30 cm pada rangka itu, dia memasang kawat yang dibentuk membujur dan melintang. Penampilan rangka itu keseluruhan seolah-olah tumpukan kotak. Kawat tersebut akan menjadi kawasan tumbuhan merambat, fungsinya seolah-olah ajir. Berikutnya, tumbuhan paria pun ditanam dalam sejumlah polibag yang ditaruh di bawah rangka.


Si empunya memasang rangka pergola itu tegak, persis di depan teras berjarak sekitar 2 meter, mendekat ke arah pagar. Saat sinar matahari masuk dia akan tertahan terlebih dahulu oleh tanaman. Yang menarik selain bisa menjadi pergola, si empunya juga bisa memanen paria itu dikala buah-buahnya keluar.


Belum ada Komentar untuk "Paria Jadi Tanaman Pergola"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel