Cara Menanam Buncis Di Pot atau Polybag Bagi Pemula

Cara Menanam Buncis Di Pot atau Polybag Bagi Pemula Kacang Buncis (Phaseolus vulgaris L.) ialah jenis tumbuhan sayuran yang berasal dari Meksiko Selatan, Amerika Selatan dan daratan Cina. Namun penanaman tumbuhan sayuran ini meluas ke Indonesia, Malaysia, Karibia, Afrika Barat dan Afrika Timur. Tanaman buncis ini termasuk dalam famili Leguminoceae atau Kacang-kacangan dan merupakan tumbuhan semusim berbentuk perdu.


Ada dua tipe pertumbuhan tumbuhan buncis yaitu tipe merambat dan tipe tegak. Banyak orang yang mulai menanam buncis di kebun, pekarangan, sawah atau ladang mereka guna memenuhi kebutuhan sayuran mereka atau dijual. Jika tidak mempunyai lahan yang luas, kalian sanggup menanamnya dalam pot atau polybag. Berikut ini ialah cara menanam buncis di pot atau polybag tanam.


Cara Menanam Budidaya Buncis Dalam Pot atau Polybag


Persiapan Bibit Buncis


Pilihlah bibit buncis yang berkualitas baik, genjah dan sesuai selara. Bibit bincis sanggup diperoleh dari buah buncis yang sudah bau tanah kemudian dijemur selama 3 hari kemudian disemaikan atau kalau tidak ingin repot kalian sanggup membeli bibit buncis di toko pertanian.


Persiapan Pot atau Polybag Tanam


Siapkan pot atau polibag tanam berukuran sedang dengan diameter sekitar 25 cm dan tinggi sekitar 30 cm. Selain itu, kalian juga sanggup memakai bejana bekas atau yang lainnya.


Persiapan Media Tanam


Media tanam yang dipakai untuk menanam buncis di pot atau polybag yaitu adonan tanah dengan bokashi/pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1, kemudian tambahkan furadan sebanyak 4 sampai 5 sdm atau sesuaikan dengan ukuran pot atau polybag yang digunakan. Selanjutnya aduk dengan memakai sekop sampai semua materi media tanam tercampur merata. Selanjutnya, masukkan media tanam tersebut ke dalam pot atau polybag kemudian siram dengan air sampai merata.


Penanaman


Setelah , semua siap segera lakukan penanaman. Benamkan benih buncis sebanyak 3-4 biji dalam satu pot/polybag dengan kedalaman sekitar 3 cm kemudian tutup kembali dengan tanah tipis saja.


Perawatan Tanaman Buncis Dalam Pot/Polybag


Penyiraman

Lakukan penyiraman setiap hari secara rutin yaitu pada pagi dan sore hari pada awal tanam dan apabila sudah tumbuh maka penyiraman dilakukan sebanyak satu kali sehari.


Pemupukan

Lakukan pemupukan pertama pada tumbuhan buncis sesudah tumbuhan berumur 2 ahad dengan memakai pupuk NPK dengan takaran sekitar 2 sdm dan juga pupuk bokashi. Jika sudah tumbuh tambahkan sampai 3 sendok makan.


Jika tumbuhan sudah berbunga dan berbuah maka pemupukan sanggup dilakukan semingggu sekali . Cara proteksi pupuk yaitu dengan menciptakan parit melingkar kemudian sebarkan pupuk dan tutup kembali dengan tanah dan siram sampai berair merata.


Penyiangan

Lakukan penyiangan atau pencucian gulma setiap 2 ahad sekali atau diadaptasi dengan frekuensi pertumbuhan gulma supaya tumbuhan buncis tidak terganggu.


Pemasangan Ajir

Pemasangata ajir atau tajuk ini bertujuan untuk merambatkan batang atau golor tumbuhan supaya tumbuhan supaya tumbuh keatas gunakan tajuk atau pasang tali kawat.


Pemanenan Buncis


Buncis sanggup mulai dipanena sesudah berumur 45 hari sesudah tanam bergantung varietas dan perawatan tanamannya. Buncis yang siap panen mempunyai ciri-ciri ukuran buah maksimal dan padat, warnanya berubah dibandingkan dengan buncis muda. Pemanenan sanggup dilakukan dengan interval 3-4 hari dan pemanenan tersebut sanggup dilakukan dalam jangka waktu lama.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Buncis Di Pot atau Polybag Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Buncis Di Pot atau Polybag Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel