Cara Menanam Pare Dalam Pot Dengan Mudah Di Rumah

Cara Menanam Budidaya Pare Dalam Pot atau Polibag Dengan Praktis Di Rumah Pare atau Peria yaitu salah satu tumbuhan merambat dari suku Cucurbitaceae atau suku labu-labuan. Pare mempunyai buah lingkaran memanjang dengan permukaan sampai ujung bergerigi berwarna hijau, mempunyai rasa pahit dengan panjang sekitar 8 sampai 30 cm , daunnya tunggal letaknya berseling, bentuk daunnya menjari 5 sampai 7 lingkaran panjang dengan panjang sekitar 3,5 sampai 8,5 cm dan lebar sekitar 4 cm serta berwarna hijau tua.


Pare mempunyai banayk manfaat diantaranya yaitu bisa membantu mengobati diabetes, gangguan pencernaan, menurunkan kadar gula darah dan lain sebagianya.


Selain untuk sayuran, pare yang memilki manfaat banyak menciptakan orang mulai membudidayakannya pare. Pare tidak hanya sanggup di tanam di lahan yang luas namun juga sanggup ditanam dalam pot, berikut ini yaitu cara budidaya/menanam pare dalam pot.


Cara Menanam Pare Dalam Pot


Persiapan Alat Dan Bahan


Sebelum melaksanakan penanaman pare di pot, maka perlu disiapkan alat an materi seperti:



  • Benih bibit pare

  • Pot

  • Media Tanam (tanah+pupuk kompos)


Persiapan Bibit Pare


Bibit pare dapatdiperoleh dengan membelinya di toko pertanian. Jika ingin menghemat, kalian sanggup menciptakan bibit sendiri dengan cara mengambil biji dari buah pare yang sudah matang(berwarna hijau kekuningan dengan biji kemerahan)


Persiapan Media Tanam


Media tanam untuk menanam pare dalam pot yaitu berupa gabungan tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 3 : 1. Tanah dan pupuk kompos dicampur sampai merata, sehabis itu masukkan media tanam yang telah dibentuk ke pot yang telah disiapkan.


Penanaman Pare


Jika semua sudah siap, maka lakukan penanaman segera. Buatlah lubang tanam sedalam 3-5 cm di media tanam kemudian masukkan biji benih pare kedalam lubang dan tutup kembali. Lakukan penyiraman secukupnya dan letakkan pot di daerah yang tidak terlalu panas.


Perawatan Pare


Selama seminggu tanam, biarkan pare tanpa penyiraman. Setelah itu barulah lakukan penyiraman secukupnya. Pastikan penyiraman tidak merusak batang tumbuhan pare yang masih sangat lunak.


Setelah tumbuhan pare tumbuh sekitar 15 cm, lakukan penyiraman setiap hari. Karena tumbuhan pare menyukai media tanam yang lembab maka jangan lupa untuk selalu memeriksanya.


Jika tinggi batang telah mencapai 25 cm, beri sandaran berupa kayu, kawat atau tali sebagai penopang atau daerah merambat pare.


Pemanenanan Pare


Tanaman pare akan mulai berbuah sehabis berumur 3 bulan sehabis tanam. Tanaman pare akan berbuah sehabis 1-2 ahad sehabis berbunga.


Pemanenan buah pare sebaiknya dilakukan sebelum buah belum terlalu matang dan masih berwarna hijau. Pemenanan ini sanggup dilakukan sampai 3 bulan sehabis masa panen pare pertama.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Pare Dalam Pot Dengan Praktis Di Rumah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Pare Dalam Pot Dengan Mudah Di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel