Cara Mudah Budidaya Cempedak Unggul Bagi Pemula

Cara Praktis Budidaya Cempedak Unggul Bagi PemulaCempedak ialah buah dari famili Moraceae. Bentuk buah cempedak hampir sama dengan nangka, sedangkan rasa dan aromanya menusuk besar lengan berkuasa ibarat dengan buah durian. Buah cempedak ini mempunyai harga jual yang cukup tinggi dan juga buah musiman ini jarang di temui di pasar modern alasannya ialah buah ini belum termasuk buah yang mempunyai tingkatan lebih di bandingkan kelas buah lainya.


Karena itu, cempedak ini banyak dibudidayakan oleh orang sebagai peluang perjuangan mereka. berikut ini Cara Budidaya Cempedak Bagi Pemula.


Cara Budidaya Cempedak


Syarat Tumbuh


Pohon cempedak cocok tumbuh di kawasan dataran rendah sampai dataran tinggi dengan ketinggian 0-1300 meter diatas bahari yang mempunyai curah hujan rata-rata 1500-2500 mm/tahun dan ekspresi dominan kemarau tidak terlalu lama, rata-rata suhu udara minimum 16°C-21°C dan suhu udara maksimum 31-31,5°C.


Pohon cempedak ditanam di aneka macam jenis tanah, namun lebih menukai jenis tanah aluvial, tanah liat berpasir/liat berlempung yang dalam dan mempunyai irigasi yang baik. Umumnya, tanah yang disukai ialah tanah yang gembur dan sedikit pasir dengan pH sekitar 6-7.


Pemilihan Benih Cempedak


Bibit yang baik ialah bibit yang diperoleh biji yang berasal dari buah matang di pohon. Biji dipilih yang mempunyai lebih lingkaran dan besar. Jika bijisudah didaoatkan, tanam biji bibit dalam polybag. Lakukan penyiraman secara teratur. Perawatan dalam polibag ini membutuhkan waktru sekitar setengah tahun sampai tumbuhan siap tanam.


Penanaman Cempedak


Lahan yang dipakai untuk budidaya cempedak diolah terlebih dahulu. Bersihkan gulma yang ada di lahan kemudian gemburkan tanah lahan dengan memakai cangkul. Jika sudah, buatlah lubang tanam dengan jarak antar lubang tanam yaitu sekitar 10×10 meter atau 12×12 meter. Jika semuanya sudah siap, selanjutnya lakukan penanaman.


Pemeliharaan Tanaman Cempedak


Jika tunas sudah muncul pada batang atau cabang tumbuhan berarti tumbuhan akan segera berbuah. Untuk itu, lakukan penyiangan pada daun kering di sekeliling batang (3-4 meter atau lebih dari atang). Hal ini dilakukan biar akar tumbuhan mendapat oksigen dan tanah disekitar akar lembab tidak basah.


Jika buah sudah mulai membesar, buah tersebut harus segera dibungkus untuk mencegah buah terjangkit hama ibarat lalat buah, bajing dan lainnya. Pembukus buah cempedak tersebut sanggup berupa kantong plastik hitam atau yang lainnya.


Panen Cempedak


Dalam 1 tangkai buah biasanya terdapat 3-10 buah. Untuk mengetahui apakah buah cempedak siap panen, anda sanggup memakai peniti atau jarum kemudian bacokan ke tangkai buah belahan atas atau bacokan pada buah, jikalau dirasa biji sudah keras berarti buah tersebut cukup bau tanah dandapat di petik.


Demikian artikel tentang”Cara Praktis Budidaya Cempedak Unggul Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Budidaya Cempedak Unggul Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel