Panduan Cara Budidaya Ikan Louhan Bagi Pemula

Panduan Cara Budidaya Ikan Louhan Bagi PemulaIkan Louhan merupakan salah satu jenis ikan hias akuarium. Ikan ini mempunyai warna sisik yang hidup dan mempunyai benjolan kepala yang mempunyai bentuk khas disebut dengan bengkak Kelam. Habitat orisinil ikan Louhan ini yaitu Malaysia dan Taiwan, namun ikan ini sudah banyak dipelihara oleh para penggemar ikan hias di seluruh dunia. Ikan Louhan ini merupakan hasil perkawinan antara

ikan merah cichlid dan bibit unggul parrot cichlid.


Ada banyak jenis jenis ikan louhan diantaranya: Chinwa, Cencu, Fly Marking, Golden Best, Classic dan Free Head.


Saat ini ikan louhan tidak setenar dulu pada dikala tahun 2000an. Saat itu harga ikan louhan sangat fantastis bahkan sanggup mencapai puluhan juta rupiah per ekornya.


Cara Dan Tips Budidaya Ikan Louhan


Ciri-Ciri Ikan Louhan Yang Baik


Ikan Louhan yang baik, mempunyai ciri-ciri berikut:



  • Sirip bab bawah dan atas sama besar atau seimbang.

  • Memiliki bintik kecil merah ibarat mutiara di seluruh tubuh

  • Memiliki totol hitam tegas di beberapa bab tubuh

  • Terdapat lingkarang abu-abu cerah mengelilingi totol hitam.

  • Warna dasar badan ikan cerah tidak pucat

  • Benjolan dikepala terlihat simetris atau proporsional.

  • Mata sehat dan terdapat warna merah yang melingkar.


Pemijahan Ikan Louhan


Sebelum melaksanakan pemijahan, perlu disiapkan terlebih dahulu alat alat yang diharapkan mirip akuarium besar, filter, aerator, alat penampungan air, bebatuan dan lampu UV.


Jika alat sudah siap, selanjutnya kita sanggup memulai proses pemijahan. Pertama, masukkan ikan louhan jantan dan louhan betina ke dalam akurium namun antara jantan dan betiina dipisahkan oleh beling penyekat. Pada hari pertama, louhan akan terlihat gelisah alasannya yakni sifatnya yang menganggap wilayah kekuasaannya namun usang kelamaan ikan akan terbiasa.


Apabila ikan louhan betina sudah menawarkan gejala telur, gabungkan kedua ikan tersebut. Setelah proses penggabungan ikan berhasil, dalam waktu semalam sehabis pemijahan amati tingkah laris ikan louhan. Jika kedua ikan louhan tampak akur dan menjaga telurnya maka biarkan saja. Akan tetapi, kalau ikan louhan tubruk dan berusaha memakan telurnya maka pisahkan indukan serta telurnya pada daerah berbeda.


Pemeliharaan Ikan Louhan


Pemeliharaan anakan ikan louhan sebetulnya cukup sederhana dan tidak ada perlakukan khusus mirip jenis ikan mahal lainnya. Kunci utama dalam pemeliharaan kikan lohan yaitu menjaga kualitas air dan juga derma pakan.


Pemberian Pakan Ikan Louhan


Pakan yang diberikan pada ikan louhan sanggup berupa pakan alami ataupun pakan buatan. Pakan alami yang sanggup diberikan yaitu jentik nyamuk atau cuk, kutu air, udang, ulat jerman dan juga cacing. Sebagian dari pakan alami ini kurang bersih maka basuh terlebih dahulu sebelum diberikan ke louhan. Pakan alami ini sanggup memberi warna ikan lohan semakin cemerlang.


Sedangkan pakan buatan sanggup berupa pelet yang mengandung hormon atau pelet yang mengandung spirulina. Jenis pelet tersebut sanggup merangsang pertumbuhan warna louhan menjadi lebih cemerlang dan indah.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Cara Budidaya Ikan Louhan Bagi Pemula“,  semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Cara Budidaya Ikan Louhan Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel