Cara Budidaya Ikan Bawal Di Kolam Terpal Bagi Pemula Agar Cepat Besar

Cara Budidaya Ikan Bawal Di Kolam Terpal Bagi Pemula Agar Cepat BesarIkan Bawal ialah salah satu jenis ikan air tawar yang masuk dalam famili Bramidae. Ikan bawal ada yang berasal dari Hawaii dan juga ada beberapa yang berasal dari beberapa tempat di Indonesia.


Ikan bawal ini banyak digemari orang untuk konsumsi, sehingga membudidayakan ikan ini untuk menjadi salah satu perjuangan yang cukup menjanjikan. Melakukan budidaya ikan bawal tidak begitu sulit, budidaya ikan bawal sanggup dilakukan dengan aneka macam metode dan kolam untuk budidaya pun sanggup memakai aneka macam jenis kolam mulai dari kolam tanah, kolam terpal ataupun kandang.


Kunci biar sukses dalam melaksanakan budidaya ikan bawal ini ialah memperhatikan setingan kolam untuk budidaya dan perbanyak info wacana budidaya ikan bawal ini. Nah kali ini kita akan membahas wacana cara budidaya ikan bawal di kolam terpal. Berikut selengkapnya:


Cara Budidaya Ikan Bawal Di Kolam Terpal


Persiapan Kolam


Ukuran kolam yang perlu disiapkan untuk budidaya ikan bawal sanggup diadaptasi dengan kebutuhan. Jika kolam terpal sudah akibat dibuat, selanjutnya masukkan air ke dalam kolam, jangan terlalu penuh. Diamkan kurang lebih selama sekitar 3 hari. Jika sudah barulah bibit ikan bawal sanggup di tebarkan dalam kolam.


Persiapan Benih Ikan Bawal


Benih yang akan ditebar pastinya akan memilih hasil pemanenan nanti. Maka dari itu, pilihlah benih bibit ikan bawal yang berkualitas. Ukuran ikan bawal yang ideal untuk dibudidayakan yaitu ikan berukuran sekitar 5 cm sampai 8 cm. Namun sebelum ditebar ke dalam kolamm, sebainyan ikan di karantina terlebih dahulu di kolam dan di tetra siklin selama sekitar 3 hari.


Penebaran Benih Ke Kolam


Penebaran atau penebaran benih harus dilakukan dengan sempurna biar nantinya hasil budidaya juga maksimal. Untuk kolam terpal, kepadatan penebaran benih dilakukan dengan kuantitas 100 sampai 150 ekor per meter kolam. Perhatikan pula air yang ada didalam kolam, usahakan pada awal penebaran benih tinggi air sekitar 30-40 cm.


Pembesaran Ikan


Proses pembesaran ikan bawal di kolam terpal ini membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 4 bulan kalau benih yang ditebar berukuran sekitar 5 cm – 8cm.


Pemberian Pakan


Agar ikan bawal cepat besar maka berikan pakan yang tepat. Pakan yang diberikan untuk ikan bawal yang dibudidayakan yaitu pelet yang mengandung 30% protein dan pelet tersebut telah dijadikan tepung. Pemberian pakan dilakukan sebanyak 4 kali dalam sehari yaitu pada pagi, siang, sore dan malam hari. Pemberian pakan ini diadaptasi daengan jumlah ikan dan juga berat tubuh ikan.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Ikan Bawal Di Kolam Terpal Bagi Pemula Agar Cepat Besar“,  semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Ikan Bawal Di Kolam Terpal Bagi Pemula Agar Cepat Besar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel