Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Mas Di Kolam Terpal Dengan Mudah

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Mas Di Kolam Terpal Dengan Mudah – Ikan mas atau Ikan karper (Cyprinus carpio) yaitu salah satu jenis ikan air tawar yang sudah usang dibudidayakan di Indonesia yaitu sekitar tahun 1920an.


Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Actinopterygii

Ordo: Cypriniformes

Famili: Cyprinidae

Genus: Cyprinus

Spesies: C. carpio


Ikan mas yaitu salah satu jenis ikan konsumsi yang banyak disukai oleh orang karen atekstur dagingnya yang lembut serta enak dan gampang dalam melaksanakan pengolahannya (dapat dijadikan banyak sekali macam olahan). Karena hal tersebut, Ikan mas bernilai irit tinggi, sehingga memungkinkan jikalau banyak orang yang ingin membudidayakannya. Ikan mas sanggup dibudidayakan di banyak sekali jenis bak mulai dari bak beton, bak terpl dan bak yang lainnya. Nah kali ini kita akan membahas wacana cara budidaya ikan mas di bak terpal.


Cara Budidaya Ikan Mas Dalam Kolam Terpal


Persiapan Kolam Budidaya


Hal pertama yang perlu anda siapkan yaitu mempersiapkan bak terpal untuk budidaya ikan mas. Membudidayakan ikan mas di bak terpal perlu memperhitungkan kalkulasi yang sempurna antara besar bak dengan jumlah ikan yang akan dibudidayakan.


Untuk menciptakan bak tersebut, anda harus mempersiapkan beberapa materi diantaranya terpal, kayu/batako/papan atau tanah untuk menahan terpal dan beberapa alat lainnya yang mendukung pembuatan kolam.


Pengisian Air Pada Kolam Terpal


Jika bak sudah selesai dibuat, selanjutnya, bak diisi dengan air. Pada seminggu pertama budidaya kondisi air masih stabil, kemudian biar pH tetap terjaga lakukan penambahan dan pengurangan air secara berkala. Suhu air yang ideal untuk budidaya ikan yaitu sekitar 50°C hingga 310°C.


Pemilihan Bibit Ikan Mas


Untuk dibudidayakan, pilihlah bibit yang berkualitas biar nantinya hasil panen ikan mas-nya pun berkualitas dan maksimal.


Perawatan Ikan Mas


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses perawatan ikan mas ini diantaranya pakan yang diberikan pada ikan mas, alasannya pakan juga akan mempengaruhi kualitas ikan mas nantinya.


Selain pakan, hal yang perlu diperhatikan yaitu kualitas air kolam, air bak juga harus diperhatikan kualitasnya jangan hingga jelek dan menjadikan ikan gampang terjangkit penyakit dan kesudahannya banyak yang mati. Lakukan pergantian air ini secara bersiklus biar kualitas airnya terjaga dan ikan tidak gampang terjangkit penyakit.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Mas Di Kolam Terpal Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Mas Di Kolam Terpal Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel