Cara Mudah Membuat Bonsai Kelapa Bagi Pemula

Cara Praktis Membuat Bonsai Kelapa Bagi Pemula – Bonsai ialah tumbuhan atau pohon yang dikerdilkan dalam pot dengan tujuan untuk menciptakan miniatur dari pohon aslinya yang ada di alam bebas. Tanaman bonsai ialah salah satu jenis tumbuhan favorit untuk hiasan di rumah, salah satu bonsai yang paling terkenal yakni bonsai kelapa.Hal itu alasannya selain harga kelapa yang tidak terlalu mahal, kelapa juga bisa tumbuh dengan gampang di semua jenis. Harga boonsai ini sanggup mencapai sekitar 300 ribu rupiah hingga jutaan rupiah.


Jika anda tidak bisa membeli bonsai tersebut, anda sanggup membuatnya sendiri. Membuat bonsai kelapa ini sangat gampang dan sederhana. Berikut cara selengkapnya:


Cara Membuat Bonsai Kelapa


Memilih Jenis Kelapa


Terdapat beberapa jenis kelapa yang sanggup dijadikan bonsai diantaranya kelapa gading susu, kelapa gading metah dan kelapa albino.


Kelapa gading susu berwarna putih dan banyak tumbuh di kawasan subtropis. Jenis kelapa ini banyak ditanam di taman sebagai pengganti tumbuhan palem.


Kelapa gading merah berwarna merah kekuning-kuningan. Jenis kelapa ini kalau sudah dibonsaikan sangat bagus dan menarik namun perawatannya agak sulit dan merepotkan. Untuk memepertahankan warna merah yang bagus tersebut, anda memerlukan banyak pupuk alasannya apabila kekurangan zat yang ada dalam pupuk, kambium kelapa ini akan berkurang dan warnanya akan bermetamorfosis hijau. Sedangkan Kelapa albino berwarna putih, warna putih tersebut bukan pucih pucat namun lebih terperinci mendekati warna silver. Jika sudah mengetahui jenis kelapa yang sanggup dibonsai, silahkan pilih sesuai dengan harapan anda.


Memilih Bibit Kelapa


Pilihlah bibit kelapa yang tidak mengecewakan tua. Kelapa yang sudah bau tanah akan lebih cepat bertunas. Jika memungkinkan petik sendiri bibit kelapa yang akan dihasilkan bonsai eksklusif dari pohonnya, alasannya kalau bibit diambil dari kelapa yang sudah jatuh, bibit akan tumbuh kurang baik. Selain itu, bibit yang sudah jatuh kemungkinana akan mempunyai batok yang ringkih dikarenakan benturan dikala jatuh.


Pilihlah bibit dengan batok yang kecil namun mempunyai akar yang besar. Dengan batok yang kecil akan memudahkan anda untuk membentuk batang sesuai dengan keinginann anda.


Menentukan Posisi Batok Kelapa


Pusat perkembangan kelapa berada di batoknya. Penentuan posisi batok merupakan hal terpenting untuk memebentuk bonsai yang dikehendaki. Taruh bibit yang belum bertunas pada tanah yang mempunyai banyak kandungan air. Jika sudah berumur 1-2 minggu, biasanya bibit akan tumbuh tunas.


Letakkan batok kelapa dengan posisi vertikal apabila anda ingin bentuk batok yang mengelilingi akar. Apabila anda ingin bentuk menyerupai rumah siput, anda sanggup meletakkannya dengan posisi horizontal.


Proses Penanaman Bonsai Kelapa


Bibit kelapa yang telah bertunas dibuka dengan memakai pisau, dalam membukanya haruslah berhati-hati semoga tunas tidak rusak. Untuk membersihkan batok kelapa dari serabut-serabut yang menutupinya, anda sanggup memakai cutter. Pada bab paling bawah tunas, sayat perlahan dengan memakai cutter. Selanjutnya, tanam tunas dalam pot yang telah diisi dengan media tanam.


Membentuk Batang Bonsai Kelapa


Agar bentuk bonsai tetap mini, anda harus menyayat tunas yang lebih tua. Apabila bibit sudah tumbuh hingga 15-20 cm. Berikan sayatan pada tunas yang paling bawah. Tunas yang masih muda jangan hingga terkena sayatan . Lakukan penyayatan ini minimal 3 kali dalam sehari.


Perawatan Bonsai Kelapa


perawatan bonsai cukup mudah, anda hanya perlu ,melakukan pemnyiraman sekali sakja dalam sehari. Penyiraman tersebut dilakukan pada sore atau malam hari. Jika memungkinkan, air yang dipakai untuk menyiram disiram dengan larutan garam sebagai pengganti air untuk menyiram nonsai tersebut setiap hari.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Praktis Membuat Bonsai Kelapa Bagi Pemula“, semoga bermanfaat.




Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Membuat Bonsai Kelapa Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel