Cara Sukses Menanam Dan Merawat Tanaman Hias Bunga Kemuning, Mudah!

Cara Menanam Dan Merawat Tanaman Hias Bunga Kemuning, Mudah! – Tanaman hias bunga Kemuning merupakan salah satu jenis bunga yang banyak ditemui di perkarangan rumah. Keindahan tumbuhan kemuning terletak pada bunga dan buahnya. Bunga kemuning mempunyai amis yang harum, sedangkan buahnya berjumlah banyak dan berwarna merah. Daun bunga kemuning seakan-akan dengan daun jeruk dengan ukuran kecil sehingga cocok sebagai tumbuhan hias. Tanaman bunga sangat gampang untuk ditanam dan dirawat. Bagi kalian yang ingin mengetahui cara menanam dan merawat bunga kemuning, kali ini kita akan membahas selengkapnya. Berikut ini yakni cara menanam dan merawat bunga kemuning.


Cara Menanam Bunga Kemuning


Persiapan Bibit Bunga Kemuning


Pembibitan bunga kemuning sanggup dilakukan dengan biji buah yang telah berwarna merah gelap, yang sebelumnya dijemur dulu sampai kering kemudian disimpan di plastik atau toples untuk tetap terjaga dan kering.


Selain dengan biji, menanam bunga kemuning sanggup dilakukan dengan cara cangkok. Berikut ini yakni cara mencangkok tumbuhan kemuning:



  • Pilihlah  batang yang telah  memiliki ukuran minimal satu jari telunjuk orang dewasa.

  • Pilihlah  batang atau cabang yang arah tumbuhnya ke atas.

  • Memiliki kerat kulit sepanjang sekitar 3 cm.

  • Selanjutnya, kerok potongan kayu sampai terasa kasar.  Ini berarti potongan kambium telah terbuang habis. Biarkan selama 1 sampai 2 hari.

  • Kemudian, siapkan lembaran plastik dan media tanam berupa tanah halus atau moss.

  • Bungkus potongan batang atau cabang yang telah dikerat (bagian batas keratan harus berada dalam bungkusan).

  • Jaga kelembaban media tanam dengan melaksanakan penyiraman secara rutin.


Kelebihan dari perbanyakan vegetatif ini yaitu tidak membutuhkan waktu yang usang untuk mendapat tumbuhan kemuning berukuran besar


Persiapan Media Tanam


Media tanam yang perlu disiapkan yaitu adonan tanah dengan pupuk kompos, atau pupuk sangkar dengan perbandingan 1: 1 : 1.


Penanaman Bunga Kemuning


Jika semua telah siap, segera lakukan penanaman, penanaman ini sanggup dilakukan di pot, polybag atau lahan pekarangan rumah langsung.


Masukkan media tanam yang telah disiapkan ke pot, polybag, atau daerah tanam lainnya, selanjutnya dimasukkan biji kemuning ke media tanam, dan tutup dengan tanah dan siram kalau diperlukan atau tanahnya mengering.


Cara Merawat Bunga Kemuning


Tanaman bunga kemuning membutuhkan media tanam yang tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah, maka lakukan penyiraman secukupnya saja. Agar tumbuhan cepat tumbuh dan bunga cepat mekar dan tumbuh dengan baik lakukan pemupukan satu bulan sekali dengan memakai pupuk kompos atau pupuk kandang. Tanaman bunga kemuning sanggup dibuat menjadi bonsai, tumbuhan pagar atau tumbuhan hias sela tanaman.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Dan Merawat Tanaman Hias Bunga Kemuning, Mudah!“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Sukses Menanam Dan Merawat Tanaman Hias Bunga Kemuning, Mudah!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel