Berkebun Durian Musangking

 Jakarta Timur berhasrat menanam sejumlah durian musangking di lahan kebun seluas  Berkebun Durian MusangkingSejak 2016 Gunawan Abi di Rawamangun, Jakarta Timur berhasrat menanam sejumlah durian musangking di lahan kebun seluas 3.000 m2 di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Harap mafhum, laki-laki 45 tahun itu kepincut citarasa durian musangking ketika melancong ke Singapura dan Malaysia. “Dagingnya tebal, lembut serta legit,” ujar konsultan properti itu.


Durian musangking memang sohor sebagai durian enak dan lezat. Durian yang mempunyai nama panggilan lain, yakni D197 tersebut berdaging buah kuning, tebal, lembut, serta kering. Sudah begitu dia juga mempunyai citarasa legit dengan aroma kuat. “Bijinya juga hepe, jadi itu yang membuatnya tebal,” kata Bondan, mania durian di Cirebon, Jawa Barat. Hepe merujuk pada biji kempis.


Meskipun mempunyai seabrek keunggulan, bagi pekebun durian, musangking dikenal mempunyai pertumbuhan lambat serta agak sulit bertunas. Bandingkan durian sohor dari Thailand, durian monthong yang bisa bertunas 2-3 kali saban 3 bulan. “Kendala itu bisa teratasi dengan menggunakan kaki ganda atau kaki 3 pada tumbuhan durian musangking,” ujar Suwarno, penangkar bibit buah di Cimanggis, Depok, Jawa Barat.


Keistimewaan kaki ganda yaitu mempercepat pertumbuhan tanaman. Sebab kaki ganda menciptakan absorpsi hara ke batang utama lebih optimal. Pada tumbuhan durian dengan pemupukan 2,5 kg kompos saban 3 bulan dan 1 kg NPK berkadar fosfor (P) dan kalium (K) tinggi setiap 6 bulan, sanggup memacu tumbuhan menjadi lebih siap beralih ke fase generatif atau fase pembuahan.


Penyerapan hara yang maksimal itu berimbas pada melimpahnya karbohidrat yang menciptakan buah lebih manis. Ketika buah matang pohon, rasa anggun itu akan melahirkan citarasa sedikit pahit serta harum. Rasa pahit muncul alasannya yaitu pada proses pematangan buah terjadi fermentasi karbohidrat yang menghasilkan alkohol. Alkohol juga yang membikin aroma durian musangking kuat.


Belum ada Komentar untuk "Berkebun Durian Musangking"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel