Cara Sukses Menanam Ubi Jalar Dalam Karung atau Pot Dengan Mudah

Cara Menanam Ubi Jalar Dalam Karung Bekas atau Pot Dengan Mudah – Ubi Jalar atau Ketela Rambat yaitu salah satu jenis tumbuhan umbi yang kaya akan karbohidrat. Tanaman umbi ini bernam latin Ipomoea batatas. Terdapat 3 jenis ubi jalar yaitu ubi ungu, ubi kuning/oranye dan ubi putih.


Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Solanales

Famili: Convolvulaceae

Genus: Ipomoea

Spesies: I. batatas


Banyak orang mencoba membudidayakan ubi jalar baik itu menanamnya di pekarangan rumah ataupun kebun atau ladang, namun selain ditanam ke lahan tanam langsung, ubi jalar sanggup ditanam di pot, karung bekas atau wadah lainnya. Berikut yaitu cara menanam ubi jalar dalam pot, polybag atau karung bekas:


Cara Menanam Ubi Jalar Di Karung Bekas, Polybag atau Pot


Persiapan Bibit Ubi Jalar


Ubi jalar yang akan dipakai sebagai bibit yaitu ubi jalar yang sudah matang, cukup bau tanah dan sehat. Jika sudah siap, selanjutnya umbi bibit dibelah menjadi dua memakai cutter. Selanjutnya tusuk bab dalam belahan umbi ubi jalar tersebut dengan memakai rusuk gigi atau lidi untuk penyangga.


Siapkan gelas yang tinggi namun mempunyai penampang yang sempit. Isi gelas dengan air higienis kemudian masukkan umbi yang telah dipasangi penyangga ke dalam gelas dan pastikan hanya setengah bab umbi yang terendam air dan diamkan selama beberapa hari sampai ubi jalar berakar dan bertunas. Jika sudah berakar dan bertunas, ambil dan potong umbi menjadi beberapa bab dan pastikan setiap bab mempunyai akar dan tunas.


Penanaman Bibit Ubi Jalar


Siapkan media tanam terlebih dahulu berupa adonan tanah halus dan pupuk sangkar dengan perbandingan 2 : 1. Jika media tanam telah siap, masukkan media tanam tersebut ke dalam karung sampai karung terisi penuh. Selanjutnya buatlah lubang di tengah media tanam dengan ukuran sekitar 5 cm x 5 cm x 10 cm.


Jika sudah siap semua, selanjutya lakukan penanaman bibit ubi jalar ke dalam lubang tanam yang telah dibuat. Agar tumbuhan mencapai ukuran maksimal di setiap karung ditanami satu bibit ubi jalar saja.


Perawatan Tanaman Ubi Jalar


Lakukan penyiraman secara rutin sebanyak 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Kecuali pada ketika hujan, tidak perlu dilakukan penyiraman kembali. Penyiraman dilakukan dengan memakai gembor.


Lakukan pula pemupukan semoga unsur hara yang diharapkan oleh tumbuhan ubi jalar. Pemupukan ini dilakukan dengan memakai pupuk kandang, pemupukan tersebut dilakukan setiap 2 ahad sekali. Jika dirawat dengan baik, ubi jalar sanggup dipanen sesudah berusia 4-5 bulan.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Ubi Jalar Dalam Karung atau Pot Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Sukses Menanam Ubi Jalar Dalam Karung atau Pot Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel