Panduan Lengkap Cara Budidaya Tanaman Bunga Kecombrang Bagi Pemula dengan Mudah

Panduan Lengkap Cara Budidaya Tanaman Bunga Kecombrang Bagi Pemula – Kecombrang, kantan, atau honje (Etlingera elatior) merupakan salah satu tumbuhan repah berupa tumbuhan tumbuhan tahunan berbentuk terna yang bunga, buah dan bijinya dimanfaatkan sebagai materi sayuran. Nama lain kecombrang yaitu kincung, kincuang, sambuang, siantan, daalaa, kecicang dan lain sebagainya.


Klasifikasi Ilmiah Bunga Kecombrang

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Liliopsida

Ordo: Zingiberales

Famili: Zingiberaceae

Genus: Etlingera

Spesies: E. elatior


Ciri-ciri kecombrang yaitu berwarna kemerahan menyerupai jenis tumbuhan hias pisang-pisangan. Apabila batangnya sudah tua, bentuk tanamannya menyerupai dengan jahe atau lengkuas dengan tinggi mencapai 5 m.


Batang tumbuhan kecombrang semu lingkaran gilig, membesar pada belahan pangkalnya; tumbuh tegak dan banyak, berdekatan, membentuk rumpun jarang, keluar dari rimpang yang menjalar di bawah tanah. Rimpangnya tebal, berwarna krem agak pink ketika masih muda. Bentuk daunnya jorong lonjong dengan pangkal membulat atau berbentuk jantung dengan tep bergelombang dan ujung agak meruncing dan daun ini terletak berseling.


Bunga kecombrang terletak dalam karangan berbentuk gasing, bunga kecombrang berwarna merah jambu sampai merah jelas berdaging dan jikalau mekar akan melengkung membalik.


Cara Budidaya Tanaman Bunga Kecombrang


Persiapan Bibit Kecombrang


Bibit kecombrang sanggup diperoleh dengan cara stek batang. Caranya: pilih batang kecombrang yang sudah agak renta kemudian potong dengan memakai pisau yang tajam. Setelah dipotong, diamkan sebentar sampai getahnya agak mengering. Setelah itu, rendam bibit stek batang kecombrang selama seminggu dalam air sampai muncul bulu-bulu halus akar.


Cara Menanam Kecombrang


Siapkan media tanam berupa tanah kemudian masukkan dalam polybag tanam. Tanah yang dipakai yakni tanah yang mempunyai tingkat kesuburan yang tinggi. Atau sanggup juga memakai media tanam berupa adonan tanah dengan pupuk kandang.


Jika media tanam sudah siap, selanjutnya lakukan penanaman. Buatlah lubang tanam pada media tanam, kemudian masukkan bibit kecombrang. Tanam bibit kecombrang sedalam 5-10 cm sampai semua bulu akar tertutup. Kemudian letakkan pada kawasan yang teduh. Setelah beberapa minggu, maka tumbuhan kecombrang akan mulai muncul daun gres dan tumbuhan bunga kecombrang sanggup dipindah tanamkan ke lahan tanam sebenarnya.


Cara Merawat Kecombrang


Merawat tumbuhan kecombrang tidaklah sulit, perawatan yang perlu dilakukan diantaranya melaksanakan penyiraman 2 hari sekali atau sehari sekali, alasannya kawasan tumbuh kecombrang sudah cukup lembab jadi tumbuhan kecombrang tidak terlalu membutuhkan banyak air.


Agar tumbuhan kecombrang tumbuh dengan subur, maka lakukan pemupukan. Pemupukan ini sendiri tidak perlu sering dilakukan, lakukan pemupukan setiap sekitar 1 bulan sekali saja.


Masa Panen Kecombrang


Kecombrang sanggup mulai di panen ketika bunganya sudah mulai terlihat. Tanaman kecombrang ini sanggup dibilang merupakan tumbuhan yang mempunyai prospek yang manis untuk dijadikan sebagai lahan bisnis. Tanaman kecombrang sanggup panen 2 ahad sekali.


Demikian artikel tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Tanaman Bunga Kecombrang Bagi Pemula“, biar bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Tanaman Bunga Kecombrang Bagi Pemula dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel