Cara Menanam dan Merawat Jeruk Kingkit Dari Biji, Stek dan Cangkok Untuk Bonsai Hias

Cara Menanam dan Merawat Jeruk Kingkit Dari Biji, Stek dan Cangkok Untuk Bonsai Hias – Jeruk kingkit, kingkit atau jeruk ranti, lime berry (Triphasia trifolia) merupakan tumbuhan perdu kerabat jeruk-jerukan tapi bukan buah jeruk sebenarnya. Tanaman jeruk kingkit berasal dari Malaysia dan penyebarannya luas sekitar Samudra Pasifik.


Pohon jeruk kingkit merupakan tumbuhan semak perdu yang sanggup tumbuh sampai ketinggian 3 meter. Daun kingkit berwarna hijau mengkilat, majemuk, berjati tiga dan dau jeruk kinggit ini sanggup dipakai sebagai obat untuk mengatasi sakit perut. Buah jeruk kingkit berwarna merah dengan diameter sekitar 1,5 cm.


Buah jeruk ini yummy dimakan kalau sudah matang, rasanya anggun sedikit asam serta mempunyai aroma yang harum. Buah jeruk kingkit mengandung limonene yakni zat aromatik peluruh dahak sehingga efektif untuk meredakan sakit tenggorokan terutama batuk. Selain itu, kandungan Linalool pada jeruk kingkit ini bermanfaat sebagai antiseptik, anti jamur dan juga penenang.


Tanaman jeruk kingkit seringkali dijadikan sebagai tumbuhan bonsai hias, nah kali ini kita akan membahas perihal cara menanam jeruk kingkit.


Cara Menanam Budidaya Jeruk Kingkit


Syarat Tumbuh Jeruk Kingkit


Jeruk kingkit sanggup tumbuh paoptimal pada tempat dataran rendah sampai tinggi dengan suhu panas maupun hirau taacuh serta membutuhkan penyinaran secara penuh.


Cara Menabur Benih Jeruk Kingkit


Menabur benih merupakan salah satu cara memperbanyak jeruk kingkit. Biji benih yang telah dikeringkan disemai ke media tanam berupa kompos Siram dengan sedikit air, pastikan penyemaian benih terkena sinar matahari. Pindahkan bibit ke polybag kecil sehabis tumbuh tunas & telah mempunyai 4-5 helai daun atau kira-kira berumur sekitar 5-6 minggu.


Cara Stek Jeruk Kingkit


Stek merupakan metode menanam yang umum dipakai dalam memperbanyak tanaman. Untuk stek jeruk kingkit, caranya yaitu dengan menentukan batang yang telah tua, kemudian potong dengan panjang sekitar 15 cm. Tinggalkan 3-5 daun pada batang, sehabis itu rendam cuilan batang ke dalam air selama sehari. Batang stek tersebut kemudian ditanam pada media gabungan tanah, kompos dan pasir.


Sebaiknya tutup daun dengan plastik untuk menghindari penguapan semoga cepat merangsang pertuymbuhan tunas. Lepaskan epilog plastik sehabis 4 ahad atau sehabis tunas telah tumbuh. Sebaiknya bibit dipindah ke media gres sehabis melewati umur 4 bulan.


Cara Mencangkok Jeruk Kingkit


Mencangkok juga merupakan metode tanam yang sanggup dipakai untuk menanam jeruk kingkit. Cara mencangkok jeruk kingkit ini tidak begitu sulit, hanya saja kebanyakan batang tumbuhan ini berukuran kecil. Sebaiknya poerhatikan cara penglupasan kulit batang, sanggup saja terpotong seluruhnya. Pilih batang yang telah bau tanah atau mempunyai ukuran batang lebih besar semoga gampang dibuat bonsai. Media tanam yang paling baik dipakai dalam mencangkok ialah coco peat dibandingkan dengan pupuk kompos. Setelah berumur 3 bulan, cangkok jeruk kingkit sanggup dipindahkan ke media tanam.


Cara Merawat Tanaman Jeruk Kingkit


Perhatikan media tanam yang dipakai untuk menanam jeruk kingkit. Karena tumbuhan jeruk kingkit ini lebih menyukai tanah liat atau tanah lempung dengan kompos dan pasir yang banyak, menyukai pH sekitar 5-6, intoleran air, sangat menyiukai suhu panas tropis. Jangan sering dilakukan penyiraman alasannya tumbuhan ini tidak menyukai media tanam yang terlalu basah.


Demikian artikel tentang”Cara Menanam dan Merawat Jeruk Kingkit Dari Biji, Stek dan Cangkok Untuk Bonsai Hias“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Jeruk Kingkit Dari Biji, Stek dan Cangkok Untuk Bonsai Hias"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel