Kolesterol Turun Berkat Kacang Tanah Rebus

 acapkali membeli kacang tanah rebus sebelum masuk kantor di bilangan Pattimura Kolesterol Turun Berkat Kacang Tanah RebusAsriyani (42 tahun) acapkali membeli kacang tanah rebus sebelum masuk kantor di bilangan Pattimura, Jakarta Selatan. “Kebetulan ada penjualnya. Tak hanya menjual kacang rebus tapi juga aneka ubi,” ujar ibu 2 anak yang berdomisili di Bintaro, Tangerang, Provinsi Banten itu.


Asri boleh jadi tidak mengetahui khasiat lain kacang tanah rebus yang dikonsumsinya, selain mengakibatkan kacang tanah rebus itu sebagai teman minum teh. “Bisa membangkitkan mood bila sudah makan kacang rebus,” ujarnya.


Kacang tanah berlimpah fitosterol. Fitosterol merupakan sterol tanaman yang fungsinya membentuk membran sel. Pada manusia, kehadiran fitosterol berkhasiat mencegah penyakit atherosklerosis alias penimbunan lemak di pembuluh darah. Bagaimana mekanismenya? Fitosterol tersebut menghambat kolesterol selama di usus sehingga enzim Niemann Pick C1 Like 1 atau NPC1L1 transporter tidak dapat memfasilitasi perembesan kolesterol ke jaringan limfe alias getah bening.


Berikutnya, kolesterol terikat oleh fitosterol akan dibawa ke lumen usus dan dengan proteksi dari enzim ABCG 5 transporter, dia dikeluarkan melalui feses. Selanjutnya, kolesterol yang masih terserap akan mengalami sterifikasi. Pada kondisi itu terjadi penghambatan pembentukan kolesterol yang berujung pada menurunnya kolesterol darah.


Yang menarik, fitosterol pada kacang tanah rebus kadarnya 2-3 kali lebih tinggi ketimbang kondisi mentah. Sejumlah uji menunjukkan konsumsi rutin kacang tanah rebus selama sepekan menunjukkan dampak penurunan kolesterol darah sekitar 10%. Tak hanya itu, dampak lainnya yakni terjadi penurunan total lemak, total kolesterol, serta trigliserida. Jadi? Konsumsi kacang tanah rebus dapat menjadi alternatif untuk mengontrol kolesterol tubuh.


Belum ada Komentar untuk "Kolesterol Turun Berkat Kacang Tanah Rebus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel