5 Panduan Lengkap Cara Budidaya Bayam Jepang Yang Kaya Manfaat Bagi Pemula

5 Panduan Lengkap Cara Budidaya Bayam Jepang Yang Kaya Manfaat Bagi Pemula – Bayam Jepang merupakan jenis bayam yang berasal dari Jepang dan lebih dikenal dengan Horenso. Seperti bayam pada umumnya, bayam jepang ini kaya akan kandungan vitamin dan mineral, menyerupai vitamin K, A, C, B1, B2, B6, asam folat, dan vitamin E. Sedangkan kandungan mineralnya tampaknya mangan, magnesium, besi, kalsium, kalium, tembaga, fosfor, dan seng.


Manfaat bayam jepang diantaranya ialah sebagai anti penuaan dini, membantu melindungi mata dari radiasi sinar ultraviolet, mencegah kanker, menjaga kesehatan jantung, membantu memperkuat tulang, mengurangi resiko penyakit jantung, mencegah terjadinya diabetes, memperlancar peredaran darah, mencegah anemia dan lain sebagainya.


Cara Budidaya Bayam Jepang


Syarat Tumbuh Bayam Jepang


Lokasi tanam yang optimal untuk budidaya bayam jepang ialah kawasan dengan ketinggian 1000-1200 mdpl, namun masih tetap sanggup tumbuh di kawasan dengan ketinggian kurang dari 1000 mdpl. Memiliki suhu sekitar 15°C-30°C dan mempunyai tanah yang subur dan gembur.


Persiapan Bibit Bayam Jepang


Bayam jepang sanggup diperbanyak melalui biji ataupun melalui rimpang. Jika memakai biji, maka biji direndam terlebih dahulu selama sekitar 3 hari, kemudian masukkan dalam kain basah, ikat dan masukkan ke bejana plastik.


Diamkan selama 2 minggu, maka biji bayam jepang akan berkecambah. Jika sudah berkecambah, pindahkan ke media semai yang berupa adonan pupuk sangkar dan sekam dengan perbandingan 2:1 selama sekitar 10-14 hari. Jika sudah selanjutnya, pindahkan bibit bayam jepang ke polybag yang telah diisi media tanam berupa pupuk sangkar yang telah matang dan sekam.


Bibit tersebut siap tanam sehabis berumur 4 ahad semenjak awal semai dan telah mencapai ketinggian 10 cm. Sebenarnya biji bibit bayam jepang sanggup pribadi ditebar pada media semai tanpa proses kecambah, tapi hal itu membutuhkan waktu semai sekitar 3-4 bulan sampai benar-benar siap tanam.


Persiapan Lahan Tanam dan Cara Menanam Bayam Jepang


Bersihkan lahan tanam dari gulma, bebatuan dan tumbuhan pengganggu lainnya. Selanjutnya, buatlah bedengan kemudian buatlah lubang tanam pada bedengan dengan kedalaman sekitar 10-15 cm dan tutup dengan mulsa. Setelah itu, taburkan pupuk ke setiap lubang tanam setebal 2-3 cm. Selanjutnya tanam bibit bayam jepang ke lubang tanam dan tutup kembali dengan tanah galian lubang sebelumnya.


Cara Merawat Bayam Jepang


Lakukan penyiangan pada gulma yang tumbuh diareal lahan tanam dan apabila tumbuhan bayam jepang di serang hama maka lakukan penyemprotan pestisida atau fungisida sesuai dengan takaran yang dianjurkan.


Selama masa tanam, penyiraman sanggup dilakukan setiap satu kali sehari, gres sehabis 15 hari masa tanam penyiraman dilakukan setiap 2-3 hari sekali.


Pada 7 dan 15 hari sehabis tanam sanggup dilakukan pertolongan pupuk kimia berupa adonan NPK, urea, dan TSP dengan perbandingan 4:2:2. Tiap tumbuhan diberikan pupuk sebanyak satu jumput tangan dan diberikan dengan jarak 10 cm dari akar tanaman. Pemberian pupuk kimia dilakukan setiap satu bulan sekali atau tiap tiga bulan sekali. Dosis pupuk yang diberikan selama masa pemeliharaan ialah sekitar 20-30 ton/ha pupuk kandang, 400 kg/ha urea, 300 kg/ha KCl dan 200 kg/ha TSP.


Masa Panen Bayam Jepang


Panen Bayam Jepang sanggup dilakukan sehabis 50-55 hari tanam dihitung dari awal penyemaian. Pemanenan bayam jepang ini dilakukan dengan memotong pangkal batang sampai ujung daun kira-kira sepanjang 20 cm. Setelah itu, Bayam Jepang direndam air selama sekitar 10-15 menit dan ditiriskan biar segar kembali.


Demikian artikel pembahasan tentang”5 Panduan Lengkap Cara Budidaya Bayam Jepang Yang Kaya Manfaat Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "5 Panduan Lengkap Cara Budidaya Bayam Jepang Yang Kaya Manfaat Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel