6 Panduan Lengkap Cara Budidaya Nanas Madu Yang Benar Agar Cepat Berbuah

6 Panduan Lengkap Cara Budidaya Nanas Madu Yang Benar Agar Cepat Berbuah – Nanas, ananas, atau nenas (Ananas comosus) Adalah salah satu jenis tumbuhan buah tropis yang berasal dari Paraguay, Brazil, dan Bolivia. Nanas masuk dalam famili Bromeliaceae.


Klasifikasi Nanas

Kerajaan: Plantae

(tidak termasuk): Angiospermae

(tidak termasuk): Monokotil

(tidak termasuk): Commelinids

Ordo: Poales

Famili: Bromeliaceae

Upafamili: Bromelioideae

Genus: Ananas

Spesies: A. comosus


Kali ini kita akan membahas perihal cara budidaya nanas madu, berikut selengkapnya:


Cara Budidaya Nanas Madu


Syarat Tumbuh Nanas Madu


Nanas Madu sangat sempurna ditanam di ketinggian 800-1200 m dpl. Tanaman nanas madu sanggup tumbuh optimum pada ketinggian sekitar 100-700 m dpl.


Tanaman nanas madu sanggup tumbuh pada kondisi iklim berair maupun kering. Tanaman nanas madu toleran kekeringan dan mempunyai beberapa macam curah hujan sekitar 1000-1500 mm/tahun. Namun, tumbuhan nanas madu tidak toleran salju lantaran suhu yang sangat rendah rendah.


Tanaman nanas madu sanggup tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari rata-rata 33-71% kontinuitas maksimal, dengan tingkat tahunan rata-rata sekitar 2.000 jam. Sesuai dengan suhu budidaya nanas yaitu 23°C-32°C, namun nanas madu ini juga sanggup tumbuh di kawasan dengan suhu rendah sampai 10°C.


Cara Pembibitan Nanas Madu


Nanas madu sanggup dikembangbiakan dengan cara vegetatif dan generatif. Cara vegetatif yaitu memakai tunas akar, tunas batang, tunas buah, mahkota buah dan stek batang. Sedangkan cara generatif dengan biji yang ditumbuhkan melalui persemaian, tapi cara ini jarang digunakan. Bibit yang sering dipakai ialah bibit stek batang.


Persiapan Lahan Tanam Nanas Madu


Pertama bersihkan lahan dari gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya, selanjutnya gemburkan tanah lahan dengan cara dicangkul atau dibajak sedalam 30 cm sampai 40 cm. Setelah itu, biarkan selama sekitar 15 hari biar tanah kering dan racun dalam tanah hilang.


Karena derajat keasaman atau pH tanah yang baik untuk tumbuhan nanas madu sekitar 4,5-6,5, kalau kurang dari itu maka perlu dilakukan pengapuran dengan memakai dolomit.


Selanjutnya, buatlah bedengan dengan ukuran lebar sekitar 80-120 cm, tinggi sekitar 30-40 cm dan panjang sanggup diadaptasi dengan lahan. Berikan jarak antar bedengan sekitar 90-150 cm.


Cara Menanam Nanas Madu


Ada aneka macam teknik penanaman nanas dengan teladan tanam atau sistem tanam menyerupai ini:


a. Sistem baris tunggal atau persegi dengan jarak tanam 150 x 150 cm baik dalam maupun antar barisan; 90 x 30 cm jarak dalam barisan 30 cm, dan jarak antar barisan ialah 90 cm.


b. Sistem baris rangkap dua dengan jarak tanam 60 x 60 cm, dan jarak antar barisan sebelah kiri dan kanan dari 2 barisan ialah 150 cm dan jarak tanam 45 x 30 cm, dan jarak antar barisan tumbuhan sebelah kiri dan kanan dari 2 barisan tumbuhan ialah 90 cm.


c. Sistem baris rangkap tiga dengan jarak tanam 30 x 30 cm membentuk segitiga sama segi dengan jarak antar barisan sebelah kiri/ kanan dari 3 barisan tanaman: 90 cm dan jarak tanam 40 x 30 cm dengan jarak antar barisan sebelah kiri/kanan dari 3 barisan ialah 90 cm dan,


d. Sistem baris rangkap empat dengan jarak 30 x 30 cm dan jarak antar barisan sebelah kiri kanan dari 4 barisan tumbuhan 90 cm.


Jika sudah ditentukan teladan tanam yang akan digunakan, selanjutnya buatlah lubang tanam berukuran 30 x 30 x 30 cm. Kemudian tanam bibit pada lubang tanam tersebut dengan kedalam sekitar 3-5 cm dari bab pangkal batang yang ditimbun kemudian padatkan biar tidak gampang roboh.


Cara Merawat Nanas Madu


Lakukan penyulaman pada bibit yang mati atau tumbuh tidak optimal. Lakukan pula penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar tumbuhan nanas madu dengan memakai tangan, cangkul atau kored, bersamaan penyiangan sanggup juga dilakukan penggemburan tanah.


Selain itu, sehabis tumbuhan berumur 2-3 bulan lakukan pula pemupukan, pemupukan tersebut sanggup dilakukan dengan memakai pupuk buatan maupun pupuk alami sesuai dosis. Pemupukan tersebut sanggup dilakukan setiap 3-4 bulan sekali sampai nanas berbunga dan berbuah.


Penyiraman pada tumbuhan nanas madu sanggup dilakukan setiap 1-2 kali seminggu tergantung kondisi cuaca. Selain itu, tumbuhan nanas madu siap panen juga masih memerlukan irigasi untuk merangsang pembungaan dan fertilisasi secara optimal. Irigasi tersebut sanggup dilakukan 2 ahad sekali.


Masa Panen Nanas Madu


Panen buah nanas madu dilakukan sehabis nanas berusia 12-24 bulan, tergantung jenis bibit yang digunakan, kalau memakai mahkota bunga maka pemanenan sanggup dilakukan pada ketika nans berumur 24 bulan. Nanas yang berasal dari tunas batang dipanen sehabis umur 18 bulan, sedangkan yang berasal dari tunas akar sanggup dipanen sehabis berusia 12 bulan.


Demikian artikel pembahasan tentang”6 Panduan Lengkap Cara Budidaya Nanas Madu Yang Benar Agar Cepat Berbuah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "6 Panduan Lengkap Cara Budidaya Nanas Madu Yang Benar Agar Cepat Berbuah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel